CONTENT ANALYSIS: PERAN PENGAWASAN BPKP SELAKU AUDITOR INTERNAL PEMERINTAH (STUDI PADA PERWAKILAN BPKP PROVINSI SUMATERA BARAT)

SUSI, YEFRIDA (2015) CONTENT ANALYSIS: PERAN PENGAWASAN BPKP SELAKU AUDITOR INTERNAL PEMERINTAH (STUDI PADA PERWAKILAN BPKP PROVINSI SUMATERA BARAT). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Fulltext)
201512220754nd_ni susi - copy.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntuk mengevaluasi sejauhmanaPerwakilanBPKP Provinsi Sumatera Barat telah melakukan pengawasanterhadap pemerintah daerah dalam bentukpemberianassurancedanconsultingpada tahun 2014.Penelitianini dilakukan denganmetodedeskriptifkualitatif. Variabelpenelitianadalahpenerapanpengawasan intern olehauditor BPKPterhadap pemerintahan daerah di Sumatera Barat.Bentukkegiatanassurance yang dilakukan terdiri dari kegiatan audit, reviu, evaluasidanpemantauan. Sedangkanbentukkegiatanconsultingterdiri dari kegiatansosialisasipengawasan, pendidikandanpelatihanpengawasan, bimbingandankonsultasi, pengelolaanhasilpengawasan, danpemaparanhasilpengawasan. Pengukuranperanpengawasan BPKP dilakukan denganmembandingkan rencana kegiatan tahunan dengan laporanakhirkegiatantahunanBPKP. Data penelitianiniadalah data sekunderberuparencanapenugasantahunan, realisasipenugasantahunan, dan monitoring tindaklanjut.Analisa yang digunakanadalahanalisaisi (content analysis)yang menguraikansecaraobjektifdansistematis data hasilanalisaterhadaplaporankegiatanrutintahunan yang dilakukansertaanalisis SWOT. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadatahun 2014realisasikegiatanassuranceadalahsebesar 66% sedangkan kegiatan consultingadalahsebesar 34%. Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa kegiatanconsultingpenyelenggaraan SPIP tidak sesuai dengan harapan, karena dilakukan hanya sebanyak 19penugasandari 191penugasanconsultingatauhanyasebesar10%. Hal initidaksesuaidenganPeraturanPresidenNomor 5 Tahun 2010 tentangRPJMN 2010-2014, yang mengamanatkan kepada BPKP untukmeningkatkanpenyelenggaraan SPIP padaKementerian/Lembaga/Pemdasesuaidengan PP No 60 tahun 2008 dengan target sebesar 70% sampaidenganakhirtahun 2014. Di samping itu, sebagianbesar kegiatanconsultingpenyelenggaraan SPIP tersebut hanyaberdasarkanpermintaandaristakeholders, bukanberdasarkaninisiatifdariPerwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat. vii Kata kunci:Audit Intern, assurance dan consulting,AparatPengawasan Intern Pemerintah (APIP)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 26 Jun 2016 02:57
Last Modified: 26 Jun 2016 02:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11348

Actions (login required)

View Item View Item