Analisis Usahatani Bawang Merah Varietas Sumbu Marapi Di Kelompok Tani Borneo Di Nagari Sungai Jambu Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar

Pratama, Ridho (2022) Analisis Usahatani Bawang Merah Varietas Sumbu Marapi Di Kelompok Tani Borneo Di Nagari Sungai Jambu Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
cover.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (Bab V penutup)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (Skripsi full)
SKRIPSI full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Analisis usahatani yaitu suatu kegiatan untuk membandingkan pendapatan dalam kegiatan usahatani dengan biaya yang dikeluaarkan. Penelitian ini dilakukan di kelompok tani Borneo Nagari Sungai Jambu, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar pada 18 Februari sampai 19 Maret 2022. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan teknik budidaya yang dilakukan oleh petani dalam budidaya bawang merah varietas sumbu marapi dan (2) menganalisis pendapatan dan keuntungan usahatani bawang merah varietas sumbu marapi oleh Kelompok Tani Borneo Nagari Sungai Jambu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan sampel dilakukan secara sensus. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian untuk tujuan pertama, teknik budidaya yang dilakukan oleh petani responden dalam beberapa kegiatan budidaya belum sesuai dengan SOP budidaya bawang merah varietas sumbu marapi yaitu pada kegiatan  perlakuan bibit sebelum ditanam, kegiatan penyulaman serta kegiatan pemupukan. Hasil penelitian untuk tujuan kedua rata-rata pendapatan yang diterima oleh petani responden Rp. 23.860.350/MT dan rata-rata keuntungan Rp. 17.813.131/MT. Rata-rata R/C yang diperoleh dari kegiatan usahatani bawang merah yang dilakukan oleh kelompok tani borneo yaitu 2.64. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, sebaiknya anggota kelompok tani borneo terus melanjutkan usahatani bawang merah varietas sumbu marapi, serta memperhatikan jadwal penanaman agar sesuai dengan kondisi cuaca yang sesuai dengan bawang merah varietas sumbu marapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:56
Last Modified: 27 Sep 2022 07:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/113459

Actions (login required)

View Item View Item