Mutia, Kardina (2022) Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan Di RSUD M. Zein Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (207kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (414kB) |
|
Text (Bab IV Penutup)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version Download (43kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (284kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pasien BPJS Kesehatan yang mendapatkan perlakuan diskriminasi terkait dengan pemenuhan hak-haknya dalam memperoleh pelayanan publik. Sehingga dibutuhkannya penilaian kualitas pelayanan kesehatan yang telah diberikan kepada pasien BPJS. RSUD M. Zein Painan adalah satu-satunya rumah sakit pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan yang menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan. RSUD M. Zein Painan memiliki angka kunjungan yang sangat tinggi di setiap tahunnya, sehingga rumah sakit ini diharapkan dapat menjadi jawaban bagi pasien BPJS untuk menggunakan pelayanan kesehatan yang lebih efisien, nyaman, dan bermutu. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kualitas pelayanan kesehatan bagi pasien BPJS di RSUD M. Zein Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan teori A.G. Subarsono dengan 3 variabel yang digunakan untuk pengukuran kualitas layanan publik yaitu efisien, responsif, dan non-partisan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan wawancara menggunakan metode purposive sampling. Untuk menganalisis data, peneliti melakukan pengumpulan data, kemudian reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memperoleh kevalidan data, peneliti melakukan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan BPJS Kesehatan di RSUD M. Zein Painan dapat dikatakan cukup baik. Terbukti berdasarkan hasil penelitian dari segi efisien, petugas rumah sakit sudah menerapkan kepastian biaya pelayanan dengan tidak adanya biaya tambahan, meskipun masih terdapat kekurangan pada aplikasi e-reservasi yang hanya bisa diakses oleh pasien yang sudah mempunyai nomor rekam medik. Dari segi responsif, pihak rumah sakit sudah menyediakan sumber daya yang profesional. Namun, segi non-partisan, petugas rumah sakit belum mampu memberikan pelayanan yang ramah sehingga pasien tidak nyaman dengan pelayanan yang diberikan.Untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik, sebaiknya petugas pelayanan diberikan pelatihan atau kaderasi tentang tata cara pelayanan yang baik kepada pasien. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pasien BPJS Kesehatan, RSUD M. Zein
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | s1 ilmu administrasi negara |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 04:57 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 04:57 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/113447 |
Actions (login required)
View Item |