PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK BAWANG MERAH (Allium cepa L.) TERHADAP PERTUMBUHAN HASIL SAMBUNG PUCUK BIBIT TANAMAN KAKAO (Theobroma cacao L.)

ABRURI, HALIMI (2015) PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK BAWANG MERAH (Allium cepa L.) TERHADAP PERTUMBUHAN HASIL SAMBUNG PUCUK BIBIT TANAMAN KAKAO (Theobroma cacao L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201511200931th_skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)

Abstract

Penelitian “Pengaruh Konsentrasi Ekstrak Bawang Merah (Allium cepa L.) terhadap Pertumbuhan Hasil Sambung Pucuk Bibit Tanaman Kakao (Theobroma cacao L.)” telah dilakukan di Kebun Pembibitan PT. Inang Sari, Lubuk Basung, Kabupaten Agam sejak bulan April sampai Juli 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi ekstrak bawang merah yang tepat, yang dapat menghasilkan pertumbuhan tunas sambung pucuk kakao. Penelitian ini disusun dalam Rancangan Acak Lengkap dengan 4 taraf perlakuan dan 6 ulangan. Perlakuannya adalah variasi konsentrasi ekstrak bawang merah yang terdiri dari : konsentrasi 0%, 30%, 60%, dan 90%. Data hasil pengamatan dianalisis secara sidik ragam dengan uji F dan F hitung perlakuan yang lebih besar dari F tabel dilanjutkan dengan Duncan’s New Multipe Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perendaman entres kakao dengan ekstrak bawang merah konsentrasi 0%, 30%, 60%, dan 90% memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan tunas sambung pucuk tanaman kakao. Disarankan untuk dilakukan penelitian selanjutnya dengan meningkatkan konsentrasi ekstrak bawang merah dan frekuensi perendaman yang lebih lama. Kata kunci : Konsentrasi, entres, bawang merah, sambung pucuk, kakao

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 25 Jun 2016 02:34
Last Modified: 25 Jun 2016 02:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11344

Actions (login required)

View Item View Item