PENGARUH JENIS Neurospora DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KANDUNGAN BAHAN KERING, PROTEIN KASAR DAN RETENSI NITROGEN LUMPUR SAWIT

KADRAN, FAJRONA (2015) PENGARUH JENIS Neurospora DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KANDUNGAN BAHAN KERING, PROTEIN KASAR DAN RETENSI NITROGEN LUMPUR SAWIT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201512151048th_ta.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis Neurospora dengan lama fermentasi yang terbaik terhadap kandungan bahan kering, protein kasar dan retensi nitrogen lumpur sawit. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Gizi Non Ruminansia Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Metode yang digunakan eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL) pola faktorial 3x3 dengan 2 ulangan. Faktor A (jenis Neurospora) terdiri dari A1 : Neurospora sitophila, A2 : Neurospora crassa dan A3 : Neurospora sp. Faktor B (lama fermentasi ) terdiri dari B1 : 3 hari, B2 : 5 hari, dan B3 : 7 hari. Peubah yang diamati adalah bahan kering, protein kasar dan retensi nitrogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi (P>0,05) antara jenis Neurospora dengan lama fermentasi terhadap kandungan bahan kering, namun terjadi interaksi sangat nyata (P<0,01) antara jenis Neurospora dengan lama fermentasi terhadap kandungan protein kasar dan retensi nitrogen. Pada masing-masing faktor A dan B juga memperlihatkan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan bahan kering, protein kasar dan retensi nitrogen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa fermentasi lumpur sawit menggunakan Neurospora crassa dengan lama fermentasi 7 hari memberikan hasil yang optimal dilihat dari kandungan bahan kering 53,33%, protein kasar 20,42% dan retensi nitrogen 56,16%. Kata kunci : Neurospora, lama fermentasi, bahan kering, protein kasar, retensi nitrogen dan lumpur sawit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 25 Jun 2016 03:49
Last Modified: 25 Jun 2016 03:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11341

Actions (login required)

View Item View Item