Manajemen Pengelolaan Dana Bantuan Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E) Pada Usaha Peternakan Sapi Potong (Studi Kasus: Kelompok Tani Keluarga Sakinah di Kota Padang)

Stefani, Kurnia Avisah (2015) Manajemen Pengelolaan Dana Bantuan Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E) Pada Usaha Peternakan Sapi Potong (Studi Kasus: Kelompok Tani Keluarga Sakinah di Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201502131447th_skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengelolaan dana bantuan KKP-E dan kendala-kendala yang dihadapi oleh Kelompok Tani Keluarga Sakinah dalam mengelola dana. Penelitian ini dilaksanakan pada Kelompok Tani Keluarga Sakinah sebagai salah satu kelompok yang mendapatkan dana KKP-E dari Bank Nagari pada tahun 2011 dengan metode penelitian studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui wawancara langsung dan bantuan kuisioner dengan responden 18 orang. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengelolaan dana pada Kelompok Tani Keluarga Sakinah masih belum baik. Hal ini terlihat dari sisi perencanaan dana, dimana dana yang digunakan tidak diketahui oleh semua anggota. Sedangkan dari sisi pengorganisasian belum ada pembagian kerja yang jelas antara masing-masing anggota. Dan sisi pengarahan belum ada membimbing bawahan untuk mencapai standar operasional (pelaksanaan). Serta dari sisi pengawasan belum adanya pengawasan Bank Pelaksana pemberi kredit kepada Kelompok Tani Keluarga Sakinah tentang dana yang diberikan. Kendala-kendala yang dihadapi oleh usaha dalam manajemen pengelolaan dana pada Kelompok Tani Keluarga Sakinah adalah pembelian bakalan yang tidak sesuai dengan kriteria atau faktor genetik, ketersediaan pakan dan tenaga kerja yang masih sedikit. Kata Kunci: Manajemen Pengelolaan Dana, KKP-E

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 25 Jun 2016 02:15
Last Modified: 25 Jun 2016 02:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11336

Actions (login required)

View Item View Item