ANALISIS PENDAPATAN DAN KEPUASAN PETERNAK PLASMA TERHADAP PELAKSANAAN KEMITRAAN AYAM BROILER DI PT. CHIOMAS ADISATWA KOTA PAYAKUMBUH

WENNI, GUSTI WARDANIS (2015) ANALISIS PENDAPATAN DAN KEPUASAN PETERNAK PLASMA TERHADAP PELAKSANAAN KEMITRAAN AYAM BROILER DI PT. CHIOMAS ADISATWA KOTA PAYAKUMBUH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
201502091124th_skripsi wenni gusti wadanis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kemitraan, pendapatan, kepuasan, dan hubungan korelasi antara tingkat pendapatan dan tingkat kepuasan peternak plasma terhadap PT. Chiomas Adisatwa Kota Payakumbuh. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode survei. Penelitian dilakukan PT. Chiomas Adisatwa yang bertempat di Perumnas Nan Kodok no. 25 B selama 1 bulan yaitu bulan Desember 2014. Analisa data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung pada peternak plasma. Dari hasil penelitian dapat diketahui pola kemitraan yang dijalankan yaitu pola kemitraan inti plasma, prosedur penerimaan menjadi mitra menyerahkan foto copy KTP, foto copy KK, foto kandang, dan uang jaminan Rp 2.000,-/ekor. Syarat-syarat calon peternak plasma menyediakan kandang serta perlengkapan kandang. Hak dan kewajiban pihak inti menyediakan sapronak dan melakukan bimbingan. Hak dan kewajiban peternak plasma, bertanggungjawab atas budidaya ayam broiler. Penetapan harga dilakukan setelah panen. Pembinaan dan pengawasan pihak inti dilakukan oleh PPL. Sanksi dari pihak inti, apabila 3 kali berturut-turut mengalami kerugian dikeluarkan dari kemitraan. Rata-rata pendapatan yang diperoleh peternak adalah Rp 151.984.641,3,- untuk satu tahun, Rp 12.665.386,78 per bulan, R/C sebesar 1,21 dimana usaha tersebut sudah menguntungkan. Tingkat kepuasan yang dirasakan oleh peternak yaitu 70,5%, dimana berada pada rentang skala puas. Hubungan korelasi antara tingkat kepuasan dengan tingkat pendapatan menggunakan uji Rs dengan nilai koefisien korelasi 0,005 berkorelasi sangat lemah dan nilai asimtot signifikan (sig 2tailed) sebesar 0,985.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 25 Jun 2016 02:19
Last Modified: 25 Jun 2016 02:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11335

Actions (login required)

View Item View Item