PRODUKTIVITAS AYAM RAS PETELUR DIAN RAS JAYA FARM DI KECAMATAN ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN (Studi Kasus Pada Unit Usaha Dian Ras Jaya Farm Nagari Koto Tinggi dan Dian Ras Jaya Farm Nagari Toboh)

FASHLIDIN, FASHLIDIN (2015) PRODUKTIVITAS AYAM RAS PETELUR DIAN RAS JAYA FARM DI KECAMATAN ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN (Studi Kasus Pada Unit Usaha Dian Ras Jaya Farm Nagari Koto Tinggi dan Dian Ras Jaya Farm Nagari Toboh). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201502061544th_skripsi ful.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan peternakan ayam ras petelur Dian Ras Jaya Farm di Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman, pada tanggal 13 September sampai 2 Oktober 2014, dengan tujuan untuk mengetahui tingkat produktivitas ayam ras petelur Dian Ras Jaya Farm yang ditinjau dari aspek teknis dan produksi. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah ayam ras petelur coklat tipe medium strain ISA-brown. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode studi kasus (case study). Parameter yang diukur adalah jumlah produksi harian (hen day production) dan produksi bobot telur (egg mass production) sebagai peubah terikat, sedangkan peubah bebas yang diduga berpengaruh terhadap produksi adalah suhu kandang, kelembaban, kecepatan angin dan konsumsi pakan. Hubungan peubah bebas dengan peubah terikat menggunakan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa persentase produksi ayam ras petelur di perusahaan peternakan Dian Ras Jaya Farm cukup tinggi yaitu produksi harian 78,80%, sedangkan produksi bobot telur rata-rata yaitu 49,54g/ekor/hari, masih dalam range yang direkomendasikan breeder pada periode II produksi. Setelah dilakukan analisis regresi linear berganda peubah bebas suhu kandang, kelembaban, kecepatan angin dan konsumsi bersama-sama berpengaruh terhada HDP atau memperlihatkan hubungan yang nyata dengan produksi. Dari empat peubah bebas yang diuji secara persial hanya satu yang berpengaruh nyata (signifikan) terhadap produksi yaitu konsumsi pakan. Suhu, kelembaban, mortalitas, HDP, FCR unit kandang Toboh berbeda tidak nyata (P>0,05) dengan unit kandang Koto Tinggi. Sedangkan konsumsi pakan, EMP, kecepatan angin unit kandang Toboh berbeda sangat nyata (P<0,01) dengan unit kandang Koto Tinggi. Kata kunci : Ayam ras petelur, Produktivitas, Hen day production, Egg mass production.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 25 Jun 2016 00:49
Last Modified: 25 Jun 2016 00:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11322

Actions (login required)

View Item View Item