SIMULASI MAXIMUM POWER POINT TRACKER (MPPT) DENGAN MENGGUNAKAN METODE INCREMENTAL CONDUCTANCE PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN

RAHMI, WAHYUNI (2015) SIMULASI MAXIMUM POWER POINT TRACKER (MPPT) DENGAN MENGGUNAKAN METODE INCREMENTAL CONDUCTANCE PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201501261124th_ta rahmi wahyuni cover -lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Turbin angin pada suatu pembangkit listrik tenaga angin menunjukkan karakteristik kecepatan putar yang tidak tetap sehingga daya output yang dihasilkan menjadi bervariasi. Dalam variasi kecepatan itu terdapat kondisi dimana optimum daya terjadi. Untuk dapat mengekstrak daya pada kondisi optimum tersebut digunakan metoda MPPT tracker. Umumnya aplikasi MPP melibatkan pembacaan output sumber daya melalui pembacaan besaran listrik (tegangan dan arus) yang digunakan untuk mengendalikan suatu converter DC sebagai tempat mengimplementasikan mekanisme MPPT. Pada kasus pembangkit listrik tenaga angin, kondisi maksimum daya dipresentasikan dengan besaran mekanis (kecepatan putar turbin) sehingga untuk dapat menerapkan mekanisme mppt, besaran mekanis tersebut harus ditranslasikan menjadi besaran listrik. Penelitian tugas akhir ini akan mengkaji bagaimana menerapkan MPPT pada pembangkit listrik tenaga angin dengan output mekanis dengan terlebih dahulu mentranslasikan besaran mekanis itu menjadi besaran listrik. Penelitian dilakukan dengan pemodelan output mekanis turbin menjadi besaran listrik (tegangan dan arus) yang dilanjutkan dengan simulasi simulink. Mekanisme MPP akan direalisasikan dengan S-fucntion. Dari data hasil pengujian sistem pembangkit listrik tenaga angin daya rata-rata maksimal yang mampu dibangkitkan oleh generator adalah 1119,86 W. Untuk pengujian sistem MPPT didapatkan bahwa daya rata-rata yang diserap oleh beban sebesar 1044,6 watt (94%) dari daya rata-rata yang dibangkitkan generator. Sedangkan pengujian sistem tanpa MPPT daya rata-rata yang mampu diserap hanya 666,43 watt (69%) dari daya rata-rata yang dibangkitkan generator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 25 Jun 2016 00:20
Last Modified: 25 Jun 2016 00:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11318

Actions (login required)

View Item View Item