VERIFIKASI DOSIS PENYINARAN TEKNIK INTENSITY MODULATED RADIOTHERAPY (IMRT) PADA PASIEN KANKER SERVIKS MENGGUNAKAN ELECTRONIC PORTAL IMAGING DEVICE (EPID)

Muhammad, Iqbal S (2022) VERIFIKASI DOSIS PENYINARAN TEKNIK INTENSITY MODULATED RADIOTHERAPY (IMRT) PADA PASIEN KANKER SERVIKS MENGGUNAKAN ELECTRONIC PORTAL IMAGING DEVICE (EPID). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (584kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Draft Skripsi Iqbal S WM Fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Telah dilakukan verifikasi dosis penyinaran dengan teknik IMRT EPID (Electronic Portal Imaging Device). Penelitian menggunakan rekam medis pasien kanker serviks stadium IV dan pesawat Linac di Instalasi Radioterapi Universitas Andalas. EPID digunakan sebagai penganti pasien dan detektor pendeteksi nilai gamma index. Perancangan Treatment Planning System (TPS) dilakukan oleh peneliti dan dosis radiasi pada TPS diverifikasi berdasarkan Planning Target Volume (PTV) dan Organ At Risk (OAR). Dosis radiasi yang diterima PTV didapat berdasarkan perhitungan nilai Conformity Index (CI) dan Homogenity Index (HI). Perhitungan tersebut berdasarkan International Commission on Radiation Units and Measures (ICRU) Report 62 dan 83. Dosis radiasi pada OAR diverifikasi berdasarkan standar Radiation Therapy Onkology Group (RTOG) 1203. Verifikasi dosis radiasi dilakukan perbandingan antara TPS dan penyinaran pada EPID menggunakan nilai gamma index sesuai standar International Atomic Energy Agency (IAEA) 31. Uji kesesuaian TPS berdasarkan dosis PTV dari hasil perhitungan nilai CI didapatkan mendekati 1 sedangkan nilai HI mendekati 0. Dosis yang diterima OAR masih dalam batas aman. Hasil verifikasi dosis radiasi pada teknik IMRT berdasarkan gamma index berada dalam keadaan baik dan dapat digunakan dalam pengobatan kanker serviks. Namun penggunaan teknik IMRT perlu ditinjau ulang dan kurang tepat untuk kasus kanker serviks yang berada di permukaan kulit pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dian Milvita, M,Si
Uncontrolled Keywords: Planning Target Volume, Conformity Index, Homogenity Index, Organ At Risk, Gamma Index
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:54
Last Modified: 25 Oct 2022 03:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/113009

Actions (login required)

View Item View Item