PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KAYU UNTUK MEUBEL MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS PD. A4 BERSAUDARA KOTA SERANG)

Nadya Melanie, Ragita Azahari (2022) PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KAYU UNTUK MEUBEL MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS PD. A4 BERSAUDARA KOTA SERANG). Diploma thesis, universitas andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (357kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (479kB)
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (568kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
LTA 1811521014 NADYA MELANIE RA SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PD. A4 Bersaudara adalah Perusahaan swasta yang menjalankan usahanya di bidang industri kayu yang terletak di Sukawana, Kec. Serang, Kota Serang, Banten. Kayu menjadi bahan dasar utama yang di manfaatkan oleh PD.A4 Bersaudara, yang di ambil langsung dari hutan ataupun pabrik. Dalam proses menentukan kayu yang di ambil, perusahaan memilih kayu yang memiliki fisik yang bulatnya hampir sempurna, ketebalan yang lebih dari 3 cm dan kayu yang memiliki tingkat kelurusan yang tinggi. Jika salah dalam memilih kayu dapat membuat volume kayu yang diolah menjadi sedikit dan itu dapat merugikan perusahaan. Kayu merupakan bahan yang paling penting untuk menentukan kualitas produk dan mendukung proses produksi untuk Meubel. Bagi Perusahaan khususnya Meubel pemilihan kriteria kayu tidak mudah, apalagi di era sekarang ini kebutuhan kayu semakin meningkat. Namun, terdapat kendala dalam pemilihan kayu untuk produksi karena kurangnya kayu yang sesuai spesifikasi dan hanya mementingkan pemenuhan order tanpa mempertimbangkan kualitas kayu. Pemilik yang berperan sebagai pemberi keputusan, masih mengalami kesulitan dalam menentukan alternatif yang di tetapkan. Perusahaan perlu sebuah sistem penjunjang keputusan yang dapat membantu dalam pemilihan kayu terbaik sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Oleh karena itu, dibangunlah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat membantu dalam pemilihan kayu terbaik sesuai dengan kriteria yang di tentukan. Pembangunan aplikasi pemilihan kayu terbaik untuk meubel ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam menentukan prioritas atau ranking dari setiap alternatif. Hasil yang didapatkan dari pembangunan sistem pendukung keputusan pemilihan kayu untuk meubel ini adalah dapat membantu perusahaan dalam mempermudah pemilihan kayu yang nantinya akan digunakan untuk produksi meubel dan memenuhi kriteria yang di inginkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ricky Akbar, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Kayu, SPK, AHP, Meubel
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 23 Sep 2022 07:22
Last Modified: 23 Sep 2022 07:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112972

Actions (login required)

View Item View Item