Pengaruh Pemberian Rumput Laut Coklat (Turbinaria decurrens) Dalam Ransum Teerhadap Lemak Hati, Lemak Paha dan Lemak Sayap Ayam Broiler

Nadia, Sahara (2022) Pengaruh Pemberian Rumput Laut Coklat (Turbinaria decurrens) Dalam Ransum Teerhadap Lemak Hati, Lemak Paha dan Lemak Sayap Ayam Broiler. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (376kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian beberapa level tepung rumput laut T. decurrens dalam ransum terhadap kandungan lemak hati, lemak paha dan lemak sayap broiler. Penelitian menggunakan 140 ekor DOC broiler jenis CP-707 campuran jantan dan betina. Jenis kandang yang digunakan 28 unit kandang bok berukuran 60×50×50 cm dan setiap unit kandang diisi 5 ekor broiler. Metode penelitian adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan pemberian tepung rumput laut T.decurrens dalam ransum (0, 3, 6, 9, 12, dan 15%), dan satu ransum komersil Bravo 511, masing-masing diulang 4 kali. Ransum disusun isoprotein 21% dan isoenergi 2900 kkal/kg. Parameter yang diukur adalah kandungan lemak hati (%), lemak paha (%), dan lemak sayap (%) broiler. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa ransum perlakuan berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap kandungan lemak hati, tetapi berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan lemak paha, dan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kandungan lemak sayap broiler. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pemberian rumput laut coklat T. decurrens kadar garam rendah sampai level 15% dalam ransum tidak menurunkan kandungan lemak hati, lemak paha dan lemak sayap broiler, namun jika dibandingkan dengan pemberian ransum komersil kandungan lemak paha dan lemak sayap broiler yang diberi rumput laut dan ransum kontrol lebih rendah. Kata Kunci: Turbinaria decurrens, broiler, lemak hati, lemak paha, lemak sayap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Turbinaria decurrens, broiler, lemak hati, lemak paha, lemak sayap.
Uncontrolled Keywords: Prof. Dr. Ir. Yose Rizal, M. Sc
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:23
Last Modified: 21 Sep 2022 03:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112939

Actions (login required)

View Item View Item