KAJIAN PENILAIAN PENUMPANG TERHADAP KINERJA PELAYANAN TRANS PADANG (Studi Kasus Trans Padang Koridor I )

AFRILDA, SARI (2014) KAJIAN PENILAIAN PENUMPANG TERHADAP KINERJA PELAYANAN TRANS PADANG (Studi Kasus Trans Padang Koridor I ). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201501311408st_buat upload pustaka pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada satu sisi penggunaan kendaraan pribadi didorong oleh kurang baiknya pelayanan kendaraan umum, baik dilihat dari sisi jaringan, sarana, prasarana, dan lain sebagainya. Rendahnya mutu pelayanan dari segi keamanan, kenyamanan, kelayakan, kemudahan dan efesiensi angkutan umum, yang pada hakekatnya memberikan rasa kurang nyaman dan aman kepada pengguna jasa transportasi perkotaan, mendorong masyarakat untuk lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Penambahan kendaraan pribadi yang beroperasi di Kota Padang, meningkatkan kepadatan lalu lintas yang berakibat waktu perjalanan menjadi lama, menimbulkan kemacetan, ketidakefisienan dalam pemakaian ruang jalan, dan mengurangi kapasitas jalan. Pada sisi lain, pertumbuhan ekonomi dan tingkat pendapatan masyarakat, mendorong pula tingkat kepemilikan kendaraan pribadi penduduk Kota Padang, hal ini menjadi penyebab bertambahnya kepadatan lalu lintas kendaraan di jalan raya. Sistem angkutan umum di Kota Padang lebih didominasi oleh sistem Angkutan Kota berbasis jaringan jalan raya. Tingkat pelayanannya sangat tergantung pada kondisi lalu lintas dan jumlah armada angkutan kota yang beroperasi. Hasil dari beberapa studi mendorong Pemerintah Kota Padang untuk melakukan program perencanaan pembangunan yang berorientasi kepada penyediaan angkutan umum yang memadai. Dengan demikian, dalam jangka panjang diharapkan kelancaran lalu lintas dapat tercapai, khususnya di jalan-jalan utama. Dengan memperhatikan hal tersebut di atas, maka perlu dirumuskan langkah-langkah solusi strategis yang diharapkan dapat diwujudkan sebagai langkah terobosan untuk optimalisasi penyelenggaraan Trans Padang di Kota Padang. Terkait hal tersebut, maka menjadi sebuah hal yang menarik untuk diteliti tentang penilaian penumpang sebagai pengguna jasa transportasi terhadap kinerja pelayanan Trans Padang yang telah beroperasi di Kota Padang, yang tentu saja bisa menjadi acuan penilaian sebagai upaya perbaikan mutu pelayanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 23 Jun 2016 06:58
Last Modified: 23 Jun 2016 06:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11293

Actions (login required)

View Item View Item