SKRINING DAN KARAKTERISASI PARSIAL BAKTERI RHIZOSFER DARI Rhizophora apiculata SEBAGAI PENGHASIL ANTIBIOTIKA DI KAWASAN TAMAN WISATA HUTAN MANGROVE KOTA PARIAMAN

Fadhila, Octavia (2021) SKRINING DAN KARAKTERISASI PARSIAL BAKTERI RHIZOSFER DARI Rhizophora apiculata SEBAGAI PENGHASIL ANTIBIOTIKA DI KAWASAN TAMAN WISATA HUTAN MANGROVE KOTA PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V (PENUTUP KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang “Isolasi Dan Karakterisasi Parsial Bakteri Rhizosfer Dari Rhizophora apiculata Sebagai Penghasil Antibiotika Di Kawasan Taman Hutan Mangrove, Kota Pariaman” yang telah dilaksanakan dari bulan Januari 2020 sampai Agustus 2020, bertujuan untuk mendapatkan isolat bakteri rhizosfer tumbuhan mangrove R.apiculata di kawasan taman wisata hutan mangrove, Kota Pariaman yang dapat menghasilkan antibiotika serta mengetahui karakteristik parsial bakteri rhizosfer tumbuhan mangrove R.apiculata di kawasan taman wisata hutan mangrove, Kota Pariaman yang dapat menghasilkan antibiotika. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Biota Sumatera, Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan metode survei dan eksperimen yang dilakukan di laboratorium dengan analisis data secara deskriptif. Seleksi bakteri rhizosfer penghasil antibiotika dilakukan dengan metode Kirby-Baurer dengan menggunakan paper disk yang sudah direndam pada larutan crude antibiotika dari masing-masing isolat bakteri rhizosfer yang kemudian diinokulasikan pada medium agar NA yang sudah diolesi bakteri uji S. aureus dan E.coli. Dari hasil penelitian ini didapatkan 3 isolat bakteri rhizosfer yang berpotensi sebagai penghasil antibiotika yaitu BRR-04, BRR-05, dan BRR-07 yang bersifat broad spectrum. Pada isolat bakteri BRR-04, BRR-05 dan BRR-07 mempunyai karakteristik yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Anthoni Agustien
Uncontrolled Keywords: Antibiotika, Bakteri Rhizosfer, Isolasi, Karakterisasi, Rhizophora apiculata
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:04
Last Modified: 19 Sep 2022 04:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112874

Actions (login required)

View Item View Item