Analisis Komunikasi Politik Pemerintah Daerah Kota Padang Dalam Pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19

Ghina, Azizah (2022) Analisis Komunikasi Politik Pemerintah Daerah Kota Padang Dalam Pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (457kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (632kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (Skripsi_Ghina Azizah_1810832028_Analisis Komunikasi Politik Pemerintah Daerah Kota Padang Dalam Pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19)
Skripsi_Ghina Azizah_1810832028_Analisis Komunikasi Politik Pemerintah Daerah Kota Padang Dalam Pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pada tanggal 15 Januari 2021 Kota Padang secara resmi melaksanakan program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah pusat untuk pengendalian pandemi Covid-19 di Indonesia. Dalam pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 Pemerintah Kota Padang melakukan beberapa upaya komunikasi untuk mengejar target vaksinasi Covid-19 yang ditetapkan pemerintah pusat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis koordinasi komunikasi politik yang dilakukan Pemerintah Kota Padang dalam meningkatkan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 di Kota Padang berdasarkan teori yang dipakai yaitu komunikasi politik yang dikemukakan Dan Nimmo yang terdiri dari lima unsur berupa pertanyaan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa, dan akibat apa. Untuk menyesuaikan keadaan krisis kesehatan yang terjadi saat ini penggunaan teori komunikasi politik ini menggunakan pendekatan komunikasi risiko yang dikemukakan World Health Organization dengan dua strategi pendekatan utama yaitu komunikasi publik melalui kehumasan dan pelibatan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan metode purposive sampling dalam pemilihan informannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada strategi pendekatan komunikasi melalui kehumasan dan pelibatan masyarakat oleh Pemerintah Kota Padang telah dilakukan berbagai upaya dalam meningkatkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan koordinasi yang dijalin dalam Pemerintah Kota Padang berdasarkan lima unsur komunikasi politik Dan Nimmo. Meskipun begitu dalam komunikasi risiko, upaya Pemerintah Kota Padang tidak terlaksana dengan baik sebab masyarakat Kota Padang sebagian besar mematuhi peraturan pemerintah atas dasar menghindari sanksi dan pembatasan dari pemerintah, bukan karena kesadaran dari diri masyarakat untuk mengadopsi perilaku yang tepat untuk menghindari risiko yang ditimbulkan. Kata Kunci: Pemerintah Daerah, Komunikasi Politik, Komunikasi Risiko.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Tengku Rika Valentina, MA
Uncontrolled Keywords: Pemerintah Daerah, Komunikasi Politik, Komunikasi Risiko.
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 21 Sep 2022 06:45
Last Modified: 21 Sep 2022 06:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112802

Actions (login required)

View Item View Item