PENGONTROLAN pH DAN SUHU AIR PADA BUDIDAYA IKAN MAS KOKI DENGAN MENERAPKAN METODE LOGIKA FUZZY DAN MONITORING MELALUI WEBSITE

Timotius, Jansen Ginting (2022) PENGONTROLAN pH DAN SUHU AIR PADA BUDIDAYA IKAN MAS KOKI DENGAN MENERAPKAN METODE LOGIKA FUZZY DAN MONITORING MELALUI WEBSITE. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (TIMOTIUS JANSEN GINTING (1710953010)-LAPORAN TUGAS AKHIR)
TIMOTIUS JANSEN GINTING (1710953010)-LAPORAN TUGAS AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pembudidayaan ikan mengalami banyak kendala sehingga tidak maksimalnya hasil produksi ikan karena tidak memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil, salah satunya kualitas air. Untuk meningkatkan kualitas air maka dirancang suatu alat pengontrolan pH dan suhu air yang dapat menjadi solusi atas permasalahan ini dengan menerapkan metode logika fuzzy serta monitoring menggunakan website untuk melihat hasil kinerja dan progres alat pengontrolan serta database untuk menyimpan semua data pengontrolan. Pada penelitian ini digunakan 2 sensor yaitu sensor pH DF Robot dan sensor suhu DS18B20 serta memiliki 3 output yaitu pH Up bersifat basa, pH Down bersifat asam dan Heater. Pengujian dilakukan menggunakan solenoid valve untuk menyuplai asam dan basa, pada pengujian ini diamati besarnya volume asam dan basa yang akan diberikan dengan mengatur waktu kerja dari solenoid valve, pengujian dilakukan dengan memvariasikan nilai awal pH larutan uji dan suhu awal air. Perancangan sistem kendali fuzzy untuk kestabilan pH dapat mencapai nilai settling time dalam waktu 17 menit dan untuk kestabilan suhu dapat mencapai nilai settling time dalam waktu 10,6 menit. Perubahan nilai pH yang bersifat sangat asam dan sangat basa dapat dikontrol dalam waktu 3 menit untuk perubahan nilai pH dengan skala 1, bersifat asam dan basa dapat dikontrol selama 4 menit untuk perubahan tiap 1 nilai pH dan bersifat sedikit asam dan sedikit basa dapat dikontrol selama 10 menit untuk perubahan nilai pH 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Darwison,S.T,M.T
Uncontrolled Keywords: pH, Suhu, Selenoid Valve, pH Buffer, Fuzzy Logic
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 21 Sep 2022 06:31
Last Modified: 21 Sep 2022 06:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112775

Actions (login required)

View Item View Item