Analisis Perubahan Sektor Ekonomi Potensial Akibat Pandemi Covid-19 (Studi Komparatif : Kota Padang Panjang dan Kabupaten Tanah Datar)

Mustofiroh, Mustofiroh (2022) Analisis Perubahan Sektor Ekonomi Potensial Akibat Pandemi Covid-19 (Studi Komparatif : Kota Padang Panjang dan Kabupaten Tanah Datar). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (skripsi fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pandemi covid-19 menyebabkan perekonomian bergerak lambat serta menyebabkan terjadinya pergeseran pada struktur perekonomian dalam PDRB sebelum dan saat terjadinya pandemi covid-19. Oleh karena itu perlu dianalisis lebih jauh untuk mengetahui sektor ekonomi apa saja yang termasuk tumbuh pesat, maju tapi tertekan, berkembang dan tertinggal di Kota Padang Panjang dan Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari BPS Kota Padang Panjang, BPS Kabupaten Tanah Datar dan BPS Provinsi Sumatera Barat tahun 2019-2020 dengan menggunakan teknik analisis location quotient (LQ), tipologi klassen dan uji beda yang berguna untuk mengetahui sektor basis dan klasifikasi sektor perekonomian serta perbedaan rata-rata pertumbuhan ekonomi dari sebelum dan saat terjadinya pandemi covid-19. Sektor basis di Kota Padang Panjang lebih banyak dibandingkan Kabupaten Tanah Datar namun pergeseran sektor perekonomian Kota Padang Panjang lebih sedikit dibandingkan Kabupaten Tanah Datar. Dimana hal ini menunjukkan bahwa sektor ekonomi potensial Kabupaten Tanah Datar lebih terdampak oleh adanya pandemi covid-19 dibandingkan Kota Padang Panjang yang memiliki 10 sektor basis baik sebelum dan saat terjadinya pandemi covid-19 sedangkan Kabupaten Tanah datar memiliki 6 sektor basis sebelum terjadinya pandemi dan memiliki 5 sektor basis saat terjadinya pandemi covid-19. Kata kunci : covid-19, sektor ekonomi potensial, LQ, tipologi klassen, uji beda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: s1 ekonomi
Date Deposited: 12 Sep 2022 04:06
Last Modified: 12 Sep 2022 04:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112722

Actions (login required)

View Item View Item