NESTHY, KHEREN NADIA (2022) ORGANIZATION-PUBLIC RELATIONS DALAM IMPLEMENTASI LAYANAN SP4N LAPOR! DI KABUPATEN MUKOMUKO PROVINSI BENGKULU. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
Text (COVER dan ABSTRAK)
NESTHY KHEREN NADIA.2020862024.1.pdf - Published Version Download (334kB) |
|
Text (BAB I)
NESTHY KHEREN NADIA.2020862024.2.pdf - Published Version Download (203kB) |
|
Text (BAB VI)
NESTHY KHEREN NADIA.2020862024.3.pdf - Published Version Download (182kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
NESTHY KHEREN NADIA.2020862024.4.pdf - Published Version Download (403kB) |
|
Text (TESIS FULL TEXT)
NESTHY KHEREN NADIA.2020862024.5.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Organization-Public Relationship merupakan sebuah konsep yang menunjukkan peran utama public relations adalah menjalin dan memelihara hubungan baik dengan publiknya. Publik dari implementasi SP4N LAPOR! dibagi menjadi 2 (dua) yaitu publik internal (perangkat daerah) dan publik eksternal (masyarakat). SP4N LAPOR! merupakan layanan yang dibentuk oleh pemerintah untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik lagi dengan cara menampung aspirasi dan pengaduan masyarakat lalu mencari solusi atas laporan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Diskominfo dalam menjalin hubungan dengan publik, menganalisis pelaksanaan organization-public relations, dan menganalisis implementasi SP4N LAPOR! di Kabupaten Mukomuko. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika berperan sebagai communication technician (pelaksana teknis komunikasi), sebagai communication fasilitator (jembatan komunikasi yang menfasilitasi hubungan antara publik dan organisasi), dan sebagai problem solver (memfasilitasi pemecahan masalah). Publik internal dan eksternal memiliki tugas masing-masing yang sama pentingnya. Dinas Komunikasi dan Informatika mempunyai komitmen yang tinggi terhadap pelaksanaan SP4N LAPOR!, namun komitmen yang di tunjukan perangkat daerah dalam menjawab aspirasi dan pengaduan masyarakat masih rendah. Hal tersebut menyebabkan muncul rasa ketidakpercayaan masyarakat terhadap layanan SP4N LAPOR!. Dalam implementasi SP4N LAPOR!, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko telah menjalin komunikasi dengan publiknya namun feedback yang diharapkan masih belum sesuai. Perangkat daerah masih ada yang lalai dengan laporan dari masyarakat dan tidak memberikan jawaban berdasarkan analisa. Akibatnya masyarakat menjadi ragu menggunakan SP4N LAPOR!. Selain itu, alur birokrasi SP4N LAPOR! yang cukup panjang membuat masyarakat tidak sabar dalam menunggu jawaban dari laporannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. SARMIATI, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Organization-Public Relations, SP4N LAPOR!, Kabupaten Mukomuko |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Pascasarjana (S2) |
Depositing User: | s2 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 02:59 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 02:59 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112636 |
Actions (login required)
View Item |