EFEK ETIKA PEMASARAN ISLAM, PEMASARAN KEWIRAUSAHAAN, DAN PEMASARAN KONVERGENSI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN DAMPAKNYA BAGI KINERJA BANK SYARIAH INDONESIA

EDI, SUANDI (2022) EFEK ETIKA PEMASARAN ISLAM, PEMASARAN KEWIRAUSAHAAN, DAN PEMASARAN KONVERGENSI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN DAMPAKNYA BAGI KINERJA BANK SYARIAH INDONESIA. Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover_Abstrak.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (462kB)
[img] Text (Disertasi Fulltext)
Disertasi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh: Edi Suandi (183052202) (Dibawah bimbingan Prof. Dr. Herri, SE. MBA, Dr. Yulihasri, SE. MBA, dan Dr. Syafrizal, SE. ME) Perbankan syariah tumbuh secara konsisten di negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim, namun sejauh ini keunggulan bersaing bank syariah masih tergolong rendah. Penerapan strategi yang tepat menjadi faktor kunci bagi kesuksesan dalam bersaing dan memperoleh kinerja yang superior. Penelitian ini bertujuan menginvestigasi pengaruh etika pemasaran Islam, pemasaran kewirausahaan, dan pemasaran konvergensi terhadap kinerja perbankan syariah di Indonesia dengan dimediasi oleh keunggulan bersaing dan dimoderasi oleh kepemimpinan waspada dan literasi digital organisasi. Penelitian ini diarahkan pada 204 cabang dari 10 bank syariah yang tersebar di 21 provinsi di bagian barat Indonesia. Hipotesis diuji menggunakan analisis model struktural dengan pendekatan partial least square (PLS). Hasil menunjukkan kalau etika pemasaran Islam dan pemasaran konvergensi berpengaruh signifikan pada pada keunggulan bersaing tetapi tidak berpengaruh signifikan pada kinerja bank syariah, sementara pemasaran kewirausahaan berpengaruh signifikan baik pada keunggulan bersaing maupun pada kinerja. Keunggulan bersaing memediasi pengaruh variabel-variabel strategi terhadap kinerja. Diantara variabel kontrol, hanya kepemilikan pemerintah yang berpengaruh signifikan pada kinerja. Kepemimpinan waspada tidak memoderasi hubungan pemasaran kewirausahaan dengan kinerja, begitu pula literasi digital organisasi, tidak memoderasi hubungan pemasaran konvergensi dengan kinerja bank. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menemukan bahwa etika pemasaran Islam, pemasaran kewirausahaan, dan pemasaran konvergensi merupakan faktor-faktor yang menentukan keunggulan bersaing dan kinerja bank syariah di Indonesia. Penelitian ini berimplikasi pada pentingnya pengembangan etika pemasaran Islam, pemasaran kewirausahaan, dan pemasaran konvergensi untuk meningkatkan keunggulan bersaing dan kinerja bank syariah. Manajer perbankan syariah perlu mengembangkan ketiga aspek tersebut untuk mendorong perkembangan cabang bank syariah yang dipimpinnya. Kata kunci: perbankan syariah, etika pemasaran Islam, pemasaran kewirausahaan, pemasaran konvergensi, keunggulan bersaing, kinerja bank syariah

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Herri, SE, MBA
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: perbankan syariah, etika pemasaran Islam, pemasaran kewirausahaan, pemasaran konvergensi, keunggulan bersaing, kinerja bank syariah
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: s3 Ilmu Ekonomi
Date Deposited: 06 Sep 2022 06:52
Last Modified: 06 Sep 2022 06:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112630

Actions (login required)

View Item View Item