IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA) PADA MAS MOTOR UNTUK SISTEM PENJUALAN, PEMBELIAN DAN PENGELOLAAN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN MYOB ACCOUNTING

Restiana, Dewi (2016) IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA) PADA MAS MOTOR UNTUK SISTEM PENJUALAN, PEMBELIAN DAN PENGELOLAAN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN MYOB ACCOUNTING. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Karya Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Mas Motor merupakan usaha berskala kecil/menengah yang bergerak di bidang penjualan onderdil dan accesories sepeda motor yang melayani penjualan grosir maupun enceran. Proses bisnis yang berlangsung pada Mas Motor belum menerapkan sistem yang terkomputerisasi, sehingga mengakibatkan terjadinya masalah seperti data barang yang tidak akurat, lambatnya dalam pencarian informasi stok barang, serta lamanya proses pembuatan laporan keuangan. Berdasarkan permasalahan tersebut telah dilakukan penelitian penerapan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) menggunakan aplikasi MYOB Accounting pada Mas Motor. Metodologi dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan dimulai dari studi pendahuluan untuk menganalisa permasalahan dan merumuskan tujuan penelitian, studi literatur untuk mencari bahan yang terkait dengan penelitian, pengumpulan data, analisis proses bisnis untuk mengetahui proses bisnis yang sedang berjalan dan menggambarkannya dalam bentuk Business Prosess Model Notation (BPMN), penerapan dan pengujian aplikasi. Pengujian dilakukan dengan cara membandingkan proses setelah penerapan aplikasi dengan proses sebelumnya. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa penerapan aplikasi MYOB Accounting berjalan dengan baik dan dapat mengatasi permasalahan yang ada pada Mas Motor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi MYOB Accounting dapat mengatasi permasalahan penjualan, pembelian dan pengelolaan laporan keuangan pada Mas Motor. Keyword: Sistem Informasi Akuntansi (SIA), penjualan, pembelian, laporan keuangan, MYOB Accounting, Business Prosess Model Notation (BPMN).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:55
Last Modified: 23 Jun 2016 04:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11263

Actions (login required)

View Item View Item