PEMODELAN, PERHITUNGAN VOLUME DAN PENJADWALAN GEDUNG BAPPEDA KOTA PADANG BERBASIS BUILDING INFORMATION MODELING (BIM) 4D

ROMY, ANANDA PUTRA (2022) PEMODELAN, PERHITUNGAN VOLUME DAN PENJADWALAN GEDUNG BAPPEDA KOTA PADANG BERBASIS BUILDING INFORMATION MODELING (BIM) 4D. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (462kB)
[img] Text (BAB I (PENDAHULUAN))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB AKHIR (PENUTUP & KESIMPULAN))
BAB Akhir (Penutup,Kesimpulan) .pdf - Published Version

Download (841kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (700kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR UTUH (FULLTEXT))
Tugas Akhir Utuh (Fulltext).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Gedung BAPPEDA (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Padang merupakan kantor 3 lantai dengan luas bangunan 1475 m2 terletak di Komplek Kantor Walikota kota padang By pass, Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan mengetahui cara pemodelan, perhitungan volume penulangan, perhitungan volume bekisting, penjadwalan, dan simulasi kemajuan proyek dengan objek gedung bappeda kota padang menggunakan teknologi Building Information Modeling (BIM). Pada penelitian ini model penulangan tersebut berdasarkan gambar DED. Software yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Autodesk Revit, microsoft Project dan Autodesk Naviswork. Building Information Modeling (BIM) merupakan sebuah teknologi dalam berbagai tahapan konstruksi yang berlandaskan pada model 3D dimana pada pemodelan penulangan berdasarkan gambar DED gedung bapedda kota padang memuat berbagai informasi yang berguna dalam setiap tahapan konstruksi sehingga proses konstruksi berlangsung efektif dan efisien.Produk Building Information Modeling (BIM) tidak hanya sebatas pada model 3D saja, tetapi mencakup seperti perhitungan volume penulangan dan bekisting bangunan, penjadwalan, dan visualisasi kemajuan proyek konstruksi gedung bappeda kota padang.Penggunaan Software Autodesk revit, microsoft project dan Autodesk Naviswork dalam perencanaan gedung bappeda kota padang saling terhubung satu sama lain.Dibandingkan draft 2D pada pekerjaan yang menggunakan metode konvensional, model 3D pada BIM ini membuat pekerjaan lebih muda dan cepat karena pada saat terjadi perubahan maka dengan hanya mengubah pemodelan atau perhitungan penjadwalan , maka secara otomatis berubah, tanpa merubahnya satu persatu.Perhitungan volume penulangan dan bekisting menggunakan software Autodesk revit lebih cepat, mudah dan akurat didapatkan hasil perhitungan volume penulangan gedung bappeda kota padang sebanyak 246065.09 Kg dan Panjang besi 510840 m. Hasil perhitungan Volume bekisting 10282.00 m2.Simulasi BIM gedung bappeda kota padang menggunakan Software Autodesk Naviswork dapat memberikan manfaat pada tahapan konstruksi seperti dalam pengendalian waktu, dapat dipantau progress antara rancangan dan lapangan sesuai dengan waktu yang direncanakan berbasis model 3D sehingga tampak lebih real-time. Hasil Penjadwalan gedung bappeda kota padang didapatkan selama 322 hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Benny Hidayat, Ph.D Rudy Ferial, M.T
Uncontrolled Keywords: Building Information Modeling, Project Parameter, Time schedule, Timeliner Simulation, Microsoft Project, Autodesk Revit Autodesk Naviswork.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:57
Last Modified: 02 Sep 2022 03:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112391

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item