PROGRAM PERHITUNGAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DENGAN METODA MANUAL DESAIN PERKERASAN (MDP) 2017 MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON

Meiza, Triananda (2022) PROGRAM PERHITUNGAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DENGAN METODA MANUAL DESAIN PERKERASAN (MDP) 2017 MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (478kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (BAB V (Kesimpulan))
BAB V (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (Skripsi Full Teks)
Skripsi Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkerasan jalan merupakan hal yang harus diperhitungkan dalam merencanakan jalan baru maupun peningkatan jalan lama. Di Indonesia sendiri, sebagian besar perkerasan jalan yang digunakan ialah perkerasan jalan lentur. Perkerasan jalan lentur (flexible pavement) merupakan suatu perkerasan jalan yang menggunakan aspal untuk bahan pengikatnya. Terdapat beberapa metoda dalam merencanakan perkerasan jalan lentur, di Indonesia terdapat metoda Manual Desain Perkerasan (MDP). Metoda MDP sendiri merupakan metoda yang ditetapkan oleh Dirjen Bina Marga, yang isinya memuat ketentuan ketentuan teknis dalam merancang perkerasan jalan. Dalam tahapan perhitungan tebal perkerasan jalan yang sesuai dengan metoda yang sesuai ketetapan Bina Marga, dibutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya yang tidak sedikit apabila dilakukan secara manual. Terlebih lagi jika terjadi perubahan nilai nilai atau variable dalam proses perencanaanya, dapat menambah waktu dan tidak efisien. Dalam mengatasi hal tersebut, perlu upaya yang dilakukan agar proses perhitungan dapat dijalankan dengan mudah dan lebih sederhana. Salah satu upaya yang dapat dilakukan ialah dengan membuat suatu aplikasi atau program yang mudah dipahami (User Friendly), tetapi dapat melakukan perhitungan dan perencanaan yang cepat dan sesuai dengan standar yang digunakan. Dalam pembuatan aplikasi atau program dibutuhkan suatu bahasa yang dimengerti oleh mesin atau komputer, yang lebih dikenal dengan bahasa pemrograman dan salah satunya yaitu bahasa pemrograman Python. Tujuan dari penelitian ini membuat program untuk menghitung tebal perkerasan jalan lentur menggunakan metoda Manual Desain Perkerasan 2017, Sehingga perhitungan tebal perkerasan dapat dilakukan dengan waktu dan se - efesien mungkin. Hasil dari perhitungan melalui program yang dibuat mendapat tebal perkerasan AC WC sebesar 40 mm, AC BC sebesar 60 mm, AC Base sebesar 210 mm, Lapisan Pondasi Atas Kelas A sebesar 300. Dengan perbaikan tanah yaitu Lapisan Penopang setebal 1200 mm dan Timbunan Pilihan setebal 350 mm. Hasil dari perhitungan secara manual didapati sama dengan hasil perhitungan dari program. Program yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman Phyton, telah terverifikasi dan tervalidasi. Sehingga program dapat digunakan untuk merencanakan tebal perkerasan jalan menggunakan Metoda Desain Perkerasan (MDP) 2017, secara cepat dan tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: TITI KURNIATI, MT Prof.ELSA EKA PUTRI, S.T.,M.Sc.Eng.,Ph.D
Uncontrolled Keywords: Tebal Perkerasan, Manual Desasin Perkerasan, Bahasa Pemrograman Phyton.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:54
Last Modified: 02 Sep 2022 03:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112384

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item