HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN PENERAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD LUBUK SIKAPING TAHUN 2014

M.FAUZAN, IKBAL (2015) HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN PENERAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD LUBUK SIKAPING TAHUN 2014. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201501271357th_pdf fauzan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sampai sekarang ini komunikasi terapeutik pada pasien masih kurang mendapat perhatian dan hanya bersifat rutinitas, mengingat kurangnya penggunaan komunikasi terapeutik secara positif sehingga pasien mengalami kecemasaan saat dan selama dirawat di rumah sakit. Fenomena dilapangan menunjukan perawat sering bersikap tidak ramah dan berbicara keras-keras, sering menjawab tidak lemah lembut saat keluarga pasien bertanya, ketika melakukan tindakan keperawatan perawat tidak menjelaskan tujuan tindakan dengan baik, hanya mengatakan bahwa setiap tindakan yang dilakukan untuk kesembuhan pasien. Dengan kondisi komunikasi perawat yang tidak tepat membuat ketidaknyamanan pada pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan karakteristik dan pengetahuan perawat dengan penerapan komunikasi terpeutik perawat dalam asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSUD Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Penelitian dilakukan di RSUD Lubuk Sikaping pada bulan Februari 2013 sampai Februari 2014. Desain penelitian adalah Cross Sectional Study dengan sampel 105 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengolahan data dengan analisa univariat dan bivariat. Didapatkan hubungan bermakna antara pengetahuan dengan penerapan komunikasi terapeutik (p = 0,027), Tidak ada hubungan yang signifikan antara usia, jenis kelamin, dan pendidikan dengan penerapan komunikasi terapeutik perawat. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada pimpinan Rumah Sakit RSUD Lubuk Sikaping agar melakukan supervisi dan pembinaan secara langsung tentang bagaimana penerapan komunikasi terapeutik perawat. Kata Kunci : komunikasi, terapeutik, komprehensi Daftar Pustaka : 15 (1991 – 2012)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 22 Jun 2016 03:45
Last Modified: 22 Jun 2016 03:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11229

Actions (login required)

View Item View Item