Sejarah Keluarga Abdullah Salim : Potret Keluarga Relokasi Proyek PLTA Koto Panjang di Nagari Tanjung Pauh Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 1958-2018

Asril, ril (2022) Sejarah Keluarga Abdullah Salim : Potret Keluarga Relokasi Proyek PLTA Koto Panjang di Nagari Tanjung Pauh Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 1958-2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text
2. BAB 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text
3. BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text
5. naskah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul ”Sejarah Keluarga Abdullah Salim : Potret Keluarga Relokasi Proyek PLTA Koto Panjang di Nagari Tanjung Pauh Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 1958–2018”. Nagari Tanjung Pauh memiliki catatan sejarah yang cukup panjang terutama dari awal didirikannya Proyek PLTA Koto Panjang hingga sekarang. Masyarakat Nagari Tanjung Pauh memilki ekonomi yang sangat beragam yang di pengaruhi oleh letak geografis pemduduk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu: Heuristik (pengumpulan data), Kritik Sumber, Interpretasi (penafsiran sumber) dan Historiografi (penulisan hasil penelitian). Penelitian juga menggunakan sejarah lisan yaitu dengan wawancara orang-orang yang berkaitan dengan penelitian dan juga menggunakan studi pustaka. Bendungan PLTA Kotopanjang dibuat untuk memecahkan masalah seperti penyediaan air (irigasi atau air minum), pembangkit tenaga listrik, dan pengendalian banjir. Akan tetapi, di sisi lain, pembangunan tersebut menciptakan masalah baru, terutama masalah sosial. Salah satu dampak sosial yang cukup serius adalah pemindahan penduduk yang menempati wilayah lokasi yang akan digenangi air waduk yang terjadi karena adanya bendungan. Penduduk tersebut harus dipindahkan ke lokasi lain yang tidak termasuk dalam daerah yang digenangi air. Abdullah Salim murupakan salah satu ratusan masyrakat yang terdampak oleh pembangunan proyek PLTA Koto Panjang dan keluarga Abdullah salim sangat merasakan dampak dan terjadi masalah ekonomi dan sosial. Pelaksanaan pemindahan penduduk ke lokasi baru mengakibatkan terjadinya perubahan sosial-ekonomi, terutama perubahan pola keluarga dari keluarga luas menjadi keluarga batih. Kata kunci : Masyarakat, Desa, PLTA, Ekonomi, Relokasi, Potret, Keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya
Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 02 Sep 2022 04:43
Last Modified: 02 Sep 2022 04:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112172

Actions (login required)

View Item View Item