PENGARUH PEMBERIAN LEVEL TDN PAKAN BERBEDA TERHADAP RESPON FISIOLOGIS KERBAU LUMPUR DI KECAMATAN GUGUAK KABUPATEN 50 KOTA

Febrinaldo, Ashar (2022) PENGARUH PEMBERIAN LEVEL TDN PAKAN BERBEDA TERHADAP RESPON FISIOLOGIS KERBAU LUMPUR DI KECAMATAN GUGUAK KABUPATEN 50 KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (BAB Akhir)
3 BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian level TDN pakan berbeda terhadap respon fisiologis kerbau lumpur dara yang dipelihara di Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini menggunakan 4 ekor kerbau lumpur dara umur 2-3 tahun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Bujur Sangkar Latin (RBSL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan komposisi konsentrat yang diberikan yaitu perlakuan A = Rumput lapangan, perlakuan B = A + 2 kg konsentrat, perlakuan C = A + 4 kg konsentrat, perlakuan D = Kerbau dipuasakan mulai jam 20.00 sampai dengan 20.00 WIB pada hari pengukuran respon fisiologis, namun air minum tetap diberikan adlibitum (2 hari sebelum pengukuran tetap diberi pakan rumput lapangan). Pengukuran respon fisiologis kerbau dilakukan pada hari ke 3 di setiap periode sebanyak 3 kali sehari pada pukul 06.00, 12.00 dan 18.00 WIB. Peubah yang diamati adalah temperatur rektal, temperatur permukaan kulit, temperatur tubuh, frekuensi denyut jantung dan frekuensi pernapasan. Hasil penelitian terhadap respon fisiologis kerbau lumpur dengan pemberian level TDN pakan berbeda menunjukkan pengaruh yang berbeda nyata (P<0,05) terhadap temperatur rektal, temperatur permukaan kulit, temperatur tubuh dan frekuensi denyut jantung tetapi tidak berbeda nyata (P>0,05) pada frekuensi pernapasan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian rumput lapangan dan konsentrat sebanyak 2 kg memberikan respon fisiologis kerbau lumpur yang masih dalam batas toleran dengan temperatur rektal sebesar 38,49℃, temperatur permukaan kulit 36,07℃, temperatur tubuh 38,15℃ dan denyut jantung 62,74 kali.menit-1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Hilda Susanty, S.Pt, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kerbau Lumpur, Respon Fisiologis, TDN, Guguak
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:17
Last Modified: 02 Sep 2022 02:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112147

Actions (login required)

View Item View Item