Model Peningkatan Mutu Layanan Rawat Jalan Berbasis Lean Management di Rumah Sakit (Studi Kasus Rumah Sakit Umum Daerah)

Adila, Kasni Astiena (2022) Model Peningkatan Mutu Layanan Rawat Jalan Berbasis Lean Management di Rumah Sakit (Studi Kasus Rumah Sakit Umum Daerah). Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (BAB V)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka OK.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (Disertasi Full Text)
DISERTASI ADILA UPLOAD OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

MODEL PENINGKATAN MUTU LAYANAN RAWAT JALAN BERBASIS LEAN MANAGEMENT DI RUMAH SAKIT (STUDI KASUS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH) Adila Kasni Astiena (1630322008) dibawah bimbingan: Prof. Dr. Rika Ampuh Hadiguna, Dr. A. Heri Iswanto, SKM, MARS, Prof. dr. Hardisman, MHID, Dr.PH. ABSTRAK Studi di beberapa rumah sakit menunjukkan bahwa mutu layanan rawat jalan masih dibawah standard, terutama di rumah sakit pemerintah. Lean management merupakan perspektif untuk meningkatkan mutu dengan cara mereduksi dan mengeliminasi pemborosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun model peningkatan mutu layanan rawat jalan berbasis Lean Management di rumah sakit. Penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu Analyze, Design, Develop, Implementation dan Evaluation (ADDIE). Disain penelitian ini adalah mixed method. Penelitian dilakukan di RSUD X pada November 2019-November 2021. Disain kuantitatif digunakan untuk mengidentifikasi permasalahan waktu pelayanan dan menguji efektivitas model. Sampel sebanyak 151 orang pada fase analyse dan fase evaluation. Data dikumpulkan melalui kuantifikasi waktu layanan dan pengisian kuesioner. Data ditampilkan berupa tabel dan gambar berdasarkan dimensi service time, Value Analysis Time, dan Value Stream Map. Disain kualitatif berperan untuk mengeksplorasi permasalahan, penyebab, disain solusi dan pembentukan model. Variabel kualitatif yaitu value proposisi pelanggan, customer value (QCDSM), dan pemborosan (DOWNTIME). Informan berjumlah 27 orang dari pasien, pelaksana pelayanan, dan pihak manajemen. Data dikumpulkan secara observasi, indepth interview, studi dokumentasi dan Focus Group Discussion (FGD). Data diolah secara reduksi, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lead time layanan rawat jalan adalah 5 jam 36 menit 54 detik yang sebagian besar (95%) bersifat pemborosan dalam bentuk wait. Secara kualitatif ditemukan 4 variabel value proposisi pasien, pasien value dan pemenuhannya, identifikasi waste, penyebab waste dan disain solusi. Disain yang terbentuk menjadi model peningkatkan mutu layanan rawat jalan yang efektif meningkatkan value-added-ratio (VAR) sebesar 15,4% dibandingkan sebelumnya. Kata Kunci: Rawat Jalan, Waste, Customer Value, Lean Management

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Rika Ampuh Hadiguna, S.T., MT.,
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Pascasarjana (S3)
Depositing User: S3 Kesehatan masyarakat FK UNAND
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:14
Last Modified: 02 Sep 2022 02:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112140

Actions (login required)

View Item View Item