DINAMIKA KELOMPOK DAN ASPEK TEKNIS DALAM PEMELIHARAAN TERNAK SAPI POTONG DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN (Studi Kasus : Kelompok Tani Harapan Baru di Nagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau)

rahman, rahim (2016) DINAMIKA KELOMPOK DAN ASPEK TEKNIS DALAM PEMELIHARAAN TERNAK SAPI POTONG DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN (Studi Kasus : Kelompok Tani Harapan Baru di Nagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img] Text (skirpsi full teks)
Skripsi Full 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)

Abstract

DINAMIKA KELOMPOK DAN ASPEK TEKNIS DALAM PEMELIHARAAN TERNAK SAPI POTONG DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN (Studi Kasus : Kelompok Tani Harapan Baru di Nagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau) OLEH Rahman Rahim, dibawah bimbingan Ir. Ismet Iskandar, MS dan Ir. Edwin Heriyanto, MP Program Studi Peternakan, Bagian Pembangunan dan Bisnis Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2015 ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan di Kenagarian Pilubang Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman dari tanggal 15 Agustus sampai tanggal 30 Oktober 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dinamika dan Aspek Teknis yang dilakukan Kelompok Tani Harapan Baru dalam pemeliharaan sapi potong. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, data diperoleh melalui hasil wawancara beserta alat bantu menggunakan kuisioner dengan menyiapkan pertanyaan pada 32 anggota Kelompok Tani Harapan Baru. Analisa data dilakukan secara Deskiptif dan Deskriptif Kualitatif. Variabel penelitian ini adalah a) Dinamika Kelompok yaitu tujuan kelompok, struktur kelompok, fungsi tugas kelompok, pembinaan kelompok, kekompakan kelompok, suasana kelompok tekanan kelompok, dan efektivitas kelompok. b) Aspek Teknis berupa bibit, pakan, tatalaksana pemeliharaan, perkandangan dan kesehatan/pengendalian penyakit. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinamika Kelompok Tani Harapan Baru berada pada kategori Kurang Dinamis yaitu sebesar 69,94 % dan Aspek Teknis mendapatkan skor dengan kategori rendah yaitu sebesar 41,15 %. Dengan masing-masing skor adalah sebagi berikut : Tujuan Kelompok 79,69 %, Struktur Kelompok 70,84 %, Fungsi Tugas 66,25 %, Pembinaan Kelompok 69,79, Kekompakan Kelompok 71,09, Suasana Kelompok 70,84 %, Tekanan Kelompok 64,93 dan Efektivitas Kelompok 72,39 %. Sedangkan Aspek Teknis yaitu Bibit 46,87 %, Pakan 51,89 %, Tatalaksana Pemeliharaan 34,53 %, Perkandangan 55,93 dan Pengendalian Penyakit 24,23 %. Kata Kunci : Aspek teknis, Dinamika, Kelompok dan Sapi Potong

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 28 Jun 2016 07:27
Last Modified: 28 Jun 2016 07:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11208

Actions (login required)

View Item View Item