KAJIAN SIFAT FISIKA TANAH LAHAN BEKAS TAMBANG EMAS, LAHAN KEBUN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.), DAN HUTAN PADA ULTISOL

Resti, Arjuni Santi (2022) KAJIAN SIFAT FISIKA TANAH LAHAN BEKAS TAMBANG EMAS, LAHAN KEBUN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.), DAN HUTAN PADA ULTISOL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI_RESTI ARJUNI SANTI_1710241013-1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sifat fisika tanah merupakan salah satu komponen kesuburan tanah yang fungsinya sebagai tempat akar berpenetrasi. Penggunaan lahan yang berbeda sangat mempengaruhi sifat fisika tanah terutama terhadap tersedianya air dan udara tanah yang secara tidak langsung mempengaruhi ketersedian unsur hara dalam tanah. Penelitian mengenai kajian sifat fisika tanah lahan bekas tambang emas, lahan perkebunan kelapa sawit dan hutan telah dilaksanakan pada ordo Ultisol di Nagari Tebing Tinggi Kabupaten Dharmasraya dari bulan April sampai Oktober 2021. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji perbandingan sifat fisika tanah pada lahan bekas tambang emas dengan lahan kelapa sawit dan hutan pada Ultisol. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengambilan sampel secara purposive sampling pada tiga penggunaan lahan berbeda (lahan bekas tambang emas, lahan kelapa sawit dan hutan) pada kedalaman 0-20 cm dan 20-40 cm dengan 3 ulangan. Parameter yang diamati adalah tekstur tanah, bahan organik, berat volume, total ruang pori tanah, kadar air tanah, permeabilitas, dan stabilitas agregat tanah. Berdasarkan analisis tanah di laboratorium diperoleh bahwa kondisi fisik tanah pada tiga penggunaan lahan berbeda, yaitu kondisi fisik tanah pada lahan kelapa sawit dan lahan hutan lebih baik daripada lahan bekas tambang emas. Tekstur tanah pada lahan bekas tambang emas tergolong kriteria lempung liat berpasir dan lempung berpasir dengan kandungan bahan organik sangat rendah (0,20-1,72 %) dibandingkan lahan kelapa sawit dan lahan hutan. Berat volume pada setiap penggunaan lahan tergolong tinggi dengan total ruang pori tanah rendah kecuali pada lahan kelapa sawit kedalaman, yaitu 0-20 cm 69,93 %vol (tergolong sedang). Permeabilitas tergolong lambat sampai sedang dengan stabilitas agregat tanah tergolong tidak mantap sampai dengan mantap. Kadar air tanah tergolong rendah kecuali pada lahan hutan kedalaman 20-40 cm yang termasuk kriteria sangat tinggi (33,93%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Adrinal, MS
Uncontrolled Keywords: penggunaan lahan, kelerengan, analisis tanah, tekstur, berat volume
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:36
Last Modified: 01 Sep 2022 07:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112006

Actions (login required)

View Item View Item