PERBEDAAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA SMP ISLAMIC BOARDING SCHOOL DENGAN SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG

FITRIA, EKA ANNISA (2015) PERBEDAAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA SMP ISLAMIC BOARDING SCHOOL DENGAN SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.

[img] Text
201510271255th_skripsi fitria eka annisa.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)

Abstract

Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan jenjang pendidikan yang berada pada kategori pendidikan dasar. Adapun beberapa bentuk program pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) yang ada di Indonesia yakni sekolah menengah pertama negeri/swasta (SMPN/swasta), madrasah tsanawiyah (MTs), dan SMP Islamic boarding school (IBS). Setiap sekolah memiliki sistem pembelajaran dan aturan masing-masing. Sehingga, lingkungan belajar di setiap sekolah tidak selalu sama. Lingkungan di sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat pengaturan diri dalam belajar siswa atau yang lebih dikenal dengan istilah self regulated learning. Self regulated learning dibutuhkan dalam dunia pendidikan karena, kemampuan self regulated learning siswa dapat menetukan baik atau buruknya kualitas yang dimiliki oleh siswa itu sendiri. Adapun penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan self regulated learning pada siswa SMP IBS dan siswa SMPN di Kecamatan Koto Tangah, Padang. Data didapatkan dari 300 orang siswa di SMP IBS dan SMPN. Pengukuran self regulated learning siswa dilakukan dengan menggunakan skala Motivated Strategies for Lerning Questionnaire (MSLQ) yang terdiri dari 80 aitem. Skala ini dibagi ke dalam dua bagian, yaitu bagian motivasi yang terdiri dari 31 aitem dan bagian strategi belajar yang terdiri dari 49 aitem. Nilai reliabilitas skala yang digunakan adalah 0,924. Hasil penelitian yang dianalisa dengan uji independent sampel t-test menunjukkan nilai signifikansi p sebesar 0,00 < 0,05. Nilai signifikansi ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam self regulated learning antara siswa SMP IBS dan siswa SMPN di Kecamatan Koto Tangah, Padang. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis penelitian ini diterima. Kata Kunci : self regulated learning, siswa SMP, Islamic boarding school

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QP Physiology
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Ms Meldiany Ramadhona
Date Deposited: 05 Feb 2016 07:34
Last Modified: 05 Feb 2016 07:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/1120

Actions (login required)

View Item View Item