PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN JAMBLANG (Syzygium cumini) TERHADAP KADAR ALBUMIN DAN ASAM URAT SERUM TIKUS YANG DIINDUKSI TIMBAL ASETAT

Fachrurrazi, Al Ansori (2022) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN JAMBLANG (Syzygium cumini) TERHADAP KADAR ALBUMIN DAN ASAM URAT SERUM TIKUS YANG DIINDUKSI TIMBAL ASETAT. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover and Abstract)
ABSTRAK + COVER.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (BAB 7 PENUTUP)
BAB 7 PENUTUP.docx.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (THESIS FULL TEXT)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Timbal adalah logam berat merupakan racun paling esensial dalam lingkungan. Timbal mengkatalis reaksi oksidasi hasilkan radikal bebas menyebabkan stres oksidatif yang berujung pada kematian sel. Kematian sel pada hati menyebabkan penurunan albumin, dan kematian sel pada ginjal menyebabkan peningkatan asam urat. Tubuh membutuhkan antioksidan eksogen untuk menghambat stres oksidatif. Daun jamblang mengandung antioksidan alami seperti flavonoid dan fenolik yang dapat menangkal radikal bebas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun jamblang terhadap kadar albumin dan asam urat serum tikus yang diinduksi timbal asetat. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan rancangan randomized post test only group design menggunakan 18 ekor tikus dibagi atas tiga kelompok yaitu K-, K+, dan P. Kelompok K+ dan P diinduksi timbal asetat dosis 40 mg/kgBB, kemudian dilanjutkan dengan pemberian ekstrak daun jamblang dosis 150 mg/kgBB pada kelompok P selama 30 hari. Pemeriksaan kadar albumin dan asam urat menggunakan metode DiaSys Diagnostic Systems GmbH. Data dianalisis dengan One Way Anova dan Post Hoc Bonferroni. Rerata kadar albumin K- 4,13 g/dL, K+ 2,86 g/dL, dan P 3,93 g/dL. Rerata kadar asam urat K- 1,47 mg/dL, K+ 3,14 mg/dL, dan P 1,64 g/dL. Hasil ini menunjukkan perbedaan bermakna rerata kadar albumin dan asam urat semua kelompok hewan coba yang dibuktikan dengan nilai p < 0,05. Terdapat efek protektif pemberian ekstrak daun jamblang terhadap penurunan albumin dan peningkatan asam urat tikus yang diiinduksi timbal asetat.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Rauza Sukma Rita, PhD
Uncontrolled Keywords: Timbal Asetat, Ekstrak Daun Jamblang, Albumin, Asam Urat
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu biomedik
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:42
Last Modified: 01 Sep 2022 03:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111955

Actions (login required)

View Item View Item