Pengaruh Penambahan Jenis Gula Dengan Konsentrasi Yang Berbeda Terhadap Kadar Air, pH Dan Total Titrasi Asam Kefir Susu Sapi.

Muhammad, Rahul (2022) Pengaruh Penambahan Jenis Gula Dengan Konsentrasi Yang Berbeda Terhadap Kadar Air, pH Dan Total Titrasi Asam Kefir Susu Sapi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK Rahul.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 PENDAHULUAN FIKS.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5 PENUTUP FIKS.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA FIKS.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL Rahul.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi penggunaan jenis dan konsentrasi gula yang berbeda terhadap kadar air, pH dan Total Titrasi Asam (TTA) kefir susu sapi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor yaitu faktor A merupakan jenis gula sebanyak 4 taraf (madu lebah, madu galo-galo, inulin dan gula semut) dan faktor B adalah konsentrasi penambahan gula sebanyak 3 taraf (3%,6% dan 9%). Peubah yang diamati yaitu kadar air, pH dan Total Titrasi Asam (TTA) kefir susu sapi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya interaksi yang nyata (P<0.05) antara jenis gula dengan konsentrasinya terhadap kadar air, namun tidak terjadi interaksi (P>0.05) terhadap nilai pH dan TTA. Kefir susu sapi memiliki rataan kadar air 84,14-85,03% dan rataan pH 3,80-3,98 serta TTA memiliki rataan 1,21-1,45%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan jenis gula dengan konsentrasi yang berbeda berpengaruh terhadap kadai air, pH dan TTA kefir susu sapi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penambahan berbagai jenis gula dengan konsentrasi yang berbeda jika ditinjau dari kadar air, pH dan TTA mendapatkan perlakuan terbaik pada kombinasi perlakuan A4B3 yaitu penambahan gula semut sebanyak 9%. Kata Kunci : kefir, susu sapi, jenis gula, pH, TTA

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sri Melia, S.TP., MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:22
Last Modified: 01 Sep 2022 04:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111800

Actions (login required)

View Item View Item