UNIT KEGIATAN MAHASISWA PENGENALAN HUKUM DAN POLITIK (UKM PHP) UNIVERSITAS ANDALAS DALAM GERAKAN MAHASISWA DI KOTA PADANG (2003-2020)

Amanza, Amidia (2022) UNIT KEGIATAN MAHASISWA PENGENALAN HUKUM DAN POLITIK (UKM PHP) UNIVERSITAS ANDALAS DALAM GERAKAN MAHASISWA DI KOTA PADANG (2003-2020). Diploma thesis, Ilmu Budaya.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (412kB)
[img] Text
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text
BAB V (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang Unit Kegiatan Mahasiswa Pengenalan Hukum dan Politik Dalam Gerakan Mahasiswa di Kota Padang 2003-2020. Latar belakang penelitian ini melihat bagaimana gerakan mahasiswa Universitas Andalas di Kota Padang sejak tahun 2003. Unit Kegiatan Mahasiswa Pengenalan Hukum dan Politik (UKM PHP) Universitas Andalas merupakan sebuah organisasi mahasiswa yang berada di bawah naungan Universitas Andalas. UKM PHP Unand bergerak di bidang penalaran tentang pengenalan hukum dan politik kepada mahasiswa Universitas Andalas pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Penelitian ini juga membahas tentang gerakan sosial yang dilakukan oleh anggota UKM PHP Unand baik di lingkup internal Universitas Andalas dan eksternal yaitu di Kota Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yaitu heuristik (pengumpulan bahan dan sumber), kritik sumber, interpretasi, dan historiografi (penulisan sejarah). Tahapan pengumpulan sumber pada penelitian ini menggunakan sumber dari UKM PHP Unand seperti Laporan Pertanggungjawaban, kajian, sertifikat, dan tulisan mengenai UKM PHP Unand. Kemudian juga melakukan wawancara untuk menunjang sumber yang telah didapatkan mengenai topik penelitian ini. Langkah terakhir dalam penelitian ini adalah penulisan sejarah dalam bentuk skripsi. UKM PHP Unand berdiri pada tanggal 12 Juni 2003 di Universitas Andalas. UKM PHP Unand didirikan oleh beberapa mahasiswa Universitas Andalas yang berinisiatif untuk mendirikan sebuah organisasi mahasiswa internal kampus yang fokus terhadap hukum dan politik dan memiliki asas pergerakan. Berdirinya UKM PHP Unand juga tidak terlepas dari keadaan sosial dan politik mahasiswa di Universitas Andalas. UKM PHP Unand hadir sebagai wadah bagi mahasiswa untuk meningkatkan pendidikan hukum di Universitas Andalas. Anggota UKM PHP Unand mengimplementasikan berbagai pemahaman yang didapatkan ke dalam berbagai gerakan mahasiswa yang dilakukan baik di Universitas Andalas maupun di Kota Padang. Gerakan yang dilakukan mulai dari gerakan intelektual seperti advokasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa, kajian, pengelolaan website, hingga menyelenggarakan seminar lokal ataupun nasional yang berkaitan dengan hukum dan politik. Kemudian, UKM PHP Unand juga turun ke jalan melakukan berbagai gerakan seperti aksi demonstrasi, panggung rakyat, dan mimbar bebas bersama dengan aliansi gerakan mahasiswa di Kota Padang. UKM PHP Unand memberikan warna baru dalam gerakan mahasiswa di Kota Padang dengan menghadirkan bentuk gerakan yang tidak hanya aksi demonstrasi namun juga melalui gerakan intelektual. Kata Kunci : Organisasi, Mahasiswa, Aliansi, Hukum, Politik dan Advokasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 31 Aug 2022 08:16
Last Modified: 31 Aug 2022 08:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111790

Actions (login required)

View Item View Item