GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA PRODI PROFESI DOKTER GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS ANDALAS TENTANG GREEN DENTISTRY

Athaya, Isna Hazrati (2022) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA PRODI PROFESI DOKTER GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS ANDALAS TENTANG GREEN DENTISTRY. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (537kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
3. BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (452kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (464kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
5. Skripsi Full + turnitin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Global warming adalah salah satu tantangan utama abad ke-21. Global warming adalah peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi akibat efek gas rumah kaca seperti gas emisi karbon dioksida. Sektor pelayanan kesehatan merupakan sektor yang penting secara sosial ekonomi serta menghasilkan emisi CO2. Emisi gas rumah kaca dari sektor pelayanan kesehatan terutama pada praktik dokter gigi berasal dari limbah yang dihasilkan, energi yang digunakan, dan rantai suplai. Green Dentistry membantu dokter gigi dalam mengidentifikasi langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi limbah dan polusi, menghemat energi, serta mempromosikan kesadaran lingkungan. Pengetahuan tentang Green Dentistry sangat penting di kalangan dokter gigi dan sebaiknya diberikan sejak masa studi mahasiswa kedokteran gigi untuk mempersiapkan kedokteran gigi yang ramah lingkungan di masa depan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa prodi profesi dokter gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas tentang Green Dentistry. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini diambil dengan metode consecutive sampling dengan berjumlah 70 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner dalam bentuk google forms. Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 50% responden tidak mengetahui istilah “Green Dentistry” serta 62.9% responden memiliki pengetahuan yang baik, 31.4% responden memiliki pengetahuan yang cukup, dan 5.7% responden memiliki pengetahuan yang kurang tentang Green Dentistry. Kesimpulan: Tingkat pengetahuan mahasiswa prodi profesi dokter gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas tentang Green Dentistry tergolong baik dan setengah mahasiswa profesi mengetahui istilah “Green Dentistry”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Murniwati, MPPM
Uncontrolled Keywords: Green Dentistry, Mahasiswa Prodi Profesi Dokter Gigi, Pengetahuan
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:07
Last Modified: 01 Sep 2022 03:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111777

Actions (login required)

View Item View Item