Perancangan Sistem Jaminan Keamanan Pangan Menggunakan Konsep Hazard Analysis Critical Control Points Pada Proses Produksi Mocaf (Studi Kasus: Pabrik Mini MOCAF)

Hana, Fauzia Essera (2022) Perancangan Sistem Jaminan Keamanan Pangan Menggunakan Konsep Hazard Analysis Critical Control Points Pada Proses Produksi Mocaf (Studi Kasus: Pabrik Mini MOCAF). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (475kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text (BAB IV Penutup)
BAB IV Penutup.pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (Tugas Akhir Fulltext)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pabrik Mini MOCAF merupakan industri pangan yang memproduksi tepung MOCAF yang berada di Korong Rimbo Karanggo Nagari Sintuk, Kecamatan Sintoga, Kabupaten Padang Pariaman. Tepung MOCAF merupakan tepung singkong yang diproduksi dengan memodifikasi sel singkong secara fermentasi. Bahan baku dan proses pembuatan tepung MOCAF memiliki peluang terjadinya bahaya-bahaya yang dapat merusak kualitas dan berdampak pada kesehatan konsumen. Oleh karena itu, diperlukan sistem keamanan pangan agar menghasilkan produk tepung MOCAF yang berkualitas dan aman sesuai dengan SNI tepung MOCAF. Salah satu sistem keamanan pangan adalah Hazard Analysis Critical Control Points (HACCP). HACCP merupakan metode sistematis berbasis sains yang mengidentifikasi risiko bahaya tertentu dan tindakan pengendaliannya untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya bahaya dalam produksi pangan seperti bahaya biologi, kimia dan fisik. Tujuan penelitian ini adalah merancang keamanan pangan menggunakan konsep Hazard Analysis Critical Control Points (HACCP) pada proses produksi tepung MOCAF. Perancangan data terdiri atas identifikasi Good Manufacturing Practices (GMP) dan Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP), penyusunan dan perancangan HACCP dan merancangan sistem keamanan pangan dengan membuat Standard Operating Procedures (SOP) dan bantuan form. Berdasarkan analisis bahaya, proses yang termasuk ke dalam kategori Critical Control Point (CCP) terdiri dari 4 proses yaitu proses pencucian singkong, fermentasi chips, pengeringan chips menggunakan sinar matahari dan pengeringan chips menggunakan oven. Kemudian didapatkan hasil penelitian yaitu berupa tabel HACCP plan dan rancangan SOP untuk keseluruhan proses produksi dengan langkah-langkah yang efektif dan pemantauan/monitoring suhu dan waktu dengan bantuan form.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Henmaidi, Ph.D
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 31 Aug 2022 07:35
Last Modified: 31 Aug 2022 07:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111775

Actions (login required)

View Item View Item