PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, STIMULASI, DAN INKUBASI UNTUK KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA (STUDI PADA WIRAUSAHAWAN ALUMNI UNIVERSITAS ANDALAS)

Jarianil, Khairi (2022) PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, STIMULASI, DAN INKUBASI UNTUK KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA (STUDI PADA WIRAUSAHAWAN ALUMNI UNIVERSITAS ANDALAS). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan Jarianil Khairi.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA Jarianil Khairi.pdf - Published Version

Download (428kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB V Penutup Jarianil Khairi.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pendidikan kewirausahaan, stimulasi dan inkubasi untuk kewirausahaan mahasiswa di Universitas Andalas. Sampel penelitian ini wirausahawan alumni Universitas Andalas. Pengambilan sampel menggunakan metode wawancara secara mendalam. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan wawancara kepada interviewees yang berjumlah 15 orang yang kemudian dibantu dengan aplikasi pengolahan data kualitatif Nvivo pro 12. Hasil penelitian menunjukkan beberapa layanan kewirausahaan di Universitas Andalas untuk mendukung kewirausahaan mahasiswa diantaranya mata kuliah kewirausahaan, seminar kewirausahaan, organisasi, dan pendanaan. Kuliah pendalaman kewirausahaan, studi lapangan, pengalaman praktek berwirausaha, keterbukaan informasi program, saluran promosi, program pembinaan berjenjang, pendampingan mentor profesional, expo kewirausahaan, jaringan kerjasama, dan referensi bacaan adalah tambahan layanan kewirausahaan mahasiswa yang disarankan interviewees. Jawaban interviewees menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan cukup berpengaruh terhadap niat kewirausahaan mahasiswa Universitas Andalas. Sebagian besar interviewees merasakan manfaat dari pengetahuan dan pengalaman kewirausahaan mahasiswa dalam menjalankan bisnis. Stimulasi kewirausahaan mahasiswa di Universitas Andalas berjalan cukup baik melalui pelatihan rencana bisnis. Beberapa layanan inkubator yang ditawarkan inkubator bisnis Universitas Andalas seperti bantuan dana, pelatihan kewirausahaan dan bantuan legalitas usaha. Hanya sebagian kecil interviewees yang tidak pernah mengikuti pelatihan rencana bisnis dan layanan inkubator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Donard Games, SE, M.Bus(Adv), PhD
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewirausahaan, Stimulasi, Inkubasi, Kewirausahaan Mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 31 Aug 2022 07:45
Last Modified: 31 Aug 2022 07:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111752

Actions (login required)

View Item View Item