RANCANG BANGUN MEDIA BELAJAR HURUF DAN ANGKA MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER DAN RFID

Anggun, Arba Dhanasia (2022) RANCANG BANGUN MEDIA BELAJAR HURUF DAN ANGKA MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER DAN RFID. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI-1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran secara luas dapat diartikan, setiap orang, bahan, alat atau kejadian yang memantapkan kondisi memungkinkan peserta didik memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Beberapa pengertian media tersebut memiliki beberapa persamaan diantaranya bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepenerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, dan minat sertaperhatian anak didik sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi..Meja belajar ini dirangkai dengan mikrokontroler Arduino Mega, RFID Reader & Tag, DF Player, mini speaker, saklar, dan push button. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu sistem dapat mendeteksi tag sebanyak jumlah angka dan huruf yaitu sebanyak 36 buah dengan tingkat persentase kebenaran yaitu 100%, dan juga output sistem yang dites selama 36 kali menunjukkan persentase 100%. Usability test yang dilakukan kepada anak-anak usia 4-6 tahun didapatkan 40% dari total anak yang mencoba memberikan peningkatan pemahaman terhadap pembelajaran yang mereka pilih, 50% anak memberikan kesimpulan bahwa tingkat pemahaman anak tersebut sudah sangat baik yang dari 2 percobaan yang mereka cobakan memberikan bukti bahwa mereka telah memahami pembelajaran yang dipilih tersebut, namun masih ada 10% dari anak-anak tersebut yang masih membutuhkan pembelajaran lebih lanjut dikarenakan dari 2 percobaan tidak adanya penambahan pemahaman malah penurunan pemahaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ratna Aisuwarya, M.Eng
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Arduino Mega, RFID, DF Player, Mini Speaker
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Teknik Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:49
Last Modified: 31 Aug 2022 04:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111750

Actions (login required)

View Item View Item