Pengaruh Ideologi Etika dan Kecerdasan Emosional Terhadap Pertimbangan Etis Akuntan Masa Depan (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Terakreditasi “A” di Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, dan Universitas Bung Hatta)

Muhammad, Agung Pratama (2022) Pengaruh Ideologi Etika dan Kecerdasan Emosional Terhadap Pertimbangan Etis Akuntan Masa Depan (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Terakreditasi “A” di Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, dan Universitas Bung Hatta). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5 (Penutup).pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Muhammad Agung Pratama (1910536005) finished semua1 (ttd full).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh ideologi etika dan kecerdasan emosional terhadap pertimbangan etis akuntan masa depan di Kota Padang, Indonesia. Responden penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi dari tiga universitas yang terakreditasi “A” yaitu Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, dan Universitas Bung Hatta. Data penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 178 responden. Untuk mencapai tujuan penelitian dilakukan regresi berganda. Temuan menunjukkan bahwa ideologi etis memiliki pengaruh negatif pada pertimbangan etis dan kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif pada pertimbangan etis. Penelitian ini mengisi kesenjangan penelitian sebagai penelitian tentang ideologi etis dan kecerdasan emosional tentang pertimbangan etis dan untuk memberikan informasi kepada akademisi untuk lebih mengembangkan kecerdasan emosional siswa karena akan berguna bagi mereka dalam pengambilan keputusan terkait dengan etika, yang pada gilirannya akan meningkatkan kredibilitas. profesi akuntansi di masa depan. Kata kunci: Ideologi etika, kecerdasan emosional, akuntan masa depan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Elvira Luthan, SE., M.Si., Ak., CA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:17
Last Modified: 01 Sep 2022 04:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111745

Actions (login required)

View Item View Item