PERBEDAAN SKOR KECEMASAN TAYLOR MINNESOTA ANXIETY SCALE (TMAS) MATERNAL PADA KEHAMILAN DENGAN PREEKLAMPSIA DAN KEHAMILAN NORMAL

Yudo, Siswo Utomo (2014) PERBEDAAN SKOR KECEMASAN TAYLOR MINNESOTA ANXIETY SCALE (TMAS) MATERNAL PADA KEHAMILAN DENGAN PREEKLAMPSIA DAN KEHAMILAN NORMAL. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201412151130th_tesis_jadi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Penatalaksanaan preeklampsia masih terbatas pada pengendalian tekanan darah dan gejala-gejalanya serta pemantauan maternal-fetal yang ketat. Sampai saat ini, sangat sedikit perhatian yang diberikan pada konsekuensi psikologis dari preeklampsia, terutama kecemasan maternal. Apabila gangguan kecemasan ini dibiarkan dan tidak mendapatkan terapi, maka dapat berkembang menjadi depresi postpartum, serta mengurangi inisiasi dan durasi laktasi. Oleh karena itu, pengenalan dini adanya gangguan kejiwaan selama periode kehamilan dan setelah melahirkan merupakan hal yang penting untuk kesehatan ibu dan bayinya. Gangguan kecemasan pada seseorang dapat diidentifikasi dengan menggunakan instrumen kuesioner pengukur kecemasan, salah satunya adalah kuesioner Taylor Minnesota Anxiety Scale (TMAS). Tujuan: Mengetahui perbedaan skor kecemasan TMAS maternal pada kehamilan dengan preeklampsia dan kehamilan normal. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan suatu penelitian cross sectional yang dilakukan mulai bulan Maret sampai bulan Agustus 2014 dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang, yaitu 20 wanita hamil dengan preeklampsia dan 20 wanita hamil normal yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Kecemasan sebagai keadaan pada subjek penelitian diukur dengan kuesioner TMAS. Analisis yang digunakan untuk mengetahui perbedaan skor kecemasan TMAS maternal pada kehamilan dengan preeklampsia dan kehamilan normal adalah uji-t. Hasil: Pada kelompok kehamilan dengan preeklampsia, rerata skor kecemasan TMAS maternal adalah 30,45 ± 9,65. Sedangkan pada kelompok kehamilan normal, rerata skor kecemasan TMAS maternal adalah 18,50 ± 7,62. Setelah dilakukan uji statistik, terdapat perbedaan rerata skor kecemasan TMAS maternal yang signifikan antara kelompok kehamilan dengan preeklampsia dan kelompok kehamilan normal (p = 0,000). Kesimpulan: Rerata skor kecemasan TMAS maternal pada kehamilan dengan preeklampsia lebih tinggi dibandingkan dengan kehamilan normal. Kata kunci: Skor kecemasan TMAS maternal, preeklampsia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 20 Jun 2016 06:58
Last Modified: 20 Jun 2016 06:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11150

Actions (login required)

View Item View Item