Analisis keuntungan usaha perendangan dan penggilingan kopi di Nagari Koto Tuo, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar

Marlini, Elfa (2022) Analisis keuntungan usaha perendangan dan penggilingan kopi di Nagari Koto Tuo, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK UPLOAD (ELFA-1027).pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (bab 1 (pendahuluan))
BAB 1 (PENDAHULUAN) UPLOAD (ELFA-1027).pdf - Published Version

Download (583kB)
[img] Text (bab 5 (penutup))
BAB 5 (PENUTUP) UPLOAD (ELFA-1027).pdf - Published Version

Download (641kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA UPLOAD (ELFA-1027).pdf - Published Version

Download (616kB)
[img] Text (skripsi final)
SKRIPSI FINAL UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil dan menganalisis keuntungan usaha perendangan dan penggilingan kopi di Nagari Koto Tuo, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha perendangan dan penggilingan kopi merupakan usaha jasa yang berdiri sejak tahun 1988. Tahun 2022, usaha ini berkembang menjadi tiga nama usaha yang terdiri dari lima bagian usaha dengan pemilikan berbeda. Berdasarkan analisis keuntungan yang dilakukan, dari lima usaha yang ada pada periode Januari-Maret 2022 menunjukkan bahwa semua usaha telah memiliki keuntungan. Keuntungan tertinggi diperoleh pada usaha Aysyah 1 sebesar Rp 37.843.796,-, dengan tingkat keuntungan sebesar 39,64%. Keuntungan usaha yang tinggi dipengaruhi oleh jumlah pendapatan jasa yang diterima usaha yang berkaitan dengan banyaknya langganan usaha dan adanya minimalisasi terkait biaya yang digunakan dalam operasional usaha, meliputi pemakaian listrik dengan token atau prabayar, pembelian mesin secara bekas, menggunakan bahan bakar solar untuk operasional usaha, pengoptimalan penggunaan tenaga kerja, sistem dan harga upah karyawan yang diberikan serta pengoptimalan waktu hari kerja karyawan. Disarankan kepada pemilik usaha untuk lebih memperhatikan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan, dan dalam aspek keuangan lebih memperhatikan, meminimalisir, dan melakukan pencatatan yang baik terkait penggunaan biaya yang dikeluarkan dalam operasional usaha agar keuntungan yang didapatkan menjadi maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:48
Last Modified: 31 Aug 2022 02:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111428

Actions (login required)

View Item View Item