STUDI FILOGEOGRAFI Clarias batrachus (Linnaeus, 1758) DI PULAU SUMATRA DAN POPULASI LAINNYA DI ASIA TENGGARA BERDASARKAN GEN CO1

Cinthya, Fitri Hardianti (2022) STUDI FILOGEOGRAFI Clarias batrachus (Linnaeus, 1758) DI PULAU SUMATRA DAN POPULASI LAINNYA DI ASIA TENGGARA BERDASARKAN GEN CO1. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Clarias batrachus merupakan spesies ikan yang dapat\ ditemukan di Sundaland. Pemisahan Sundaland mengakibatkan terpisahnya pulau-pulau salah satunya pulau Sumatra. Pulau Sumatra terbagi menjadi sisi barat dan timur oleh pegunungan Bukit Barisan. Keragaman dan karakter secara morfologi maupun genetik merupakan proses adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungan. Sehingga perlu dilakukan kajian filogeografi C. batrachus. Gen CO1 merupakan salah satu gen mtDNA yang dapat digunakan untuk kajian filogeografi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan geografi terhadap hubungan kekerabatan C. batrachus populasi di Sumatra dan populasi lainnya di Asia Tenggara menggunakan gen CO1 dan hubungan isolasi geografis pada daerah aliran sungai timur dan barat Sumatra. Berdasarkan 504 bp sekuen gen CO1 C.batrachus dan 19 sekuen pembanding terbentuk tiga subklaster dengan dua subspesies. Berdasarkan analisis haplotype didapatkan 19 haplotype dengan tiga haplogroup. Isolasi geografis pada daerah aliran sungai timur dan barat Sumatra memberikan pengaruh secara genetik dengan variasi dalam tingkat subspesies. Hubungan kekerabatan C.batrachus populasi Sumatra dan Asia Tenggara adalah monofiletik dengan variasi dalam tingkat subspesies.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dewi Imelda Roesma, M. Si
Uncontrolled Keywords: Clarias batrachus, Gene CO1, Geography, Phylogeography, Sumatra.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:56
Last Modified: 31 Aug 2022 02:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111409

Actions (login required)

View Item View Item