STUDI EKSPERIMENTAL KINERJA LENTUR BALOK BETON BERTULANG DENGAN LAPISAN SEMEN GROUTING PADA DAERAH TARIK

IQBAL, ARIFKY (2021) STUDI EKSPERIMENTAL KINERJA LENTUR BALOK BETON BERTULANG DENGAN LAPISAN SEMEN GROUTING PADA DAERAH TARIK. Masters thesis, Fakultas Teknik.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (733kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (894kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy
Official URL: https://www.researchgate.net/publication/351282054...

Abstract

Keruntuhan pada beton dapat dicegah dengan cara perkuatan struktur, dengan memberikan perkuatan struktur maka akan meningkat kapasitas beton pada struktur yang telah menurun kekuatannya sehingga dapat mencapai kekuatan rencana kembali. Hasil dari perkuatan struktur ini diharapkan bangunan tetap memenuhi persyaratan kekuatan, keamanan, dan kenyamanan bagi pengguna. Salah satu perkuatan struktur yang ada adalah dengan menggunakan produk dari Sika Indonesia, yaitu, SikaGrout-215, Balok yang diberi Semen grouting divariasikan berdasarkan tebal perkuatan, diantaranya 40 mm,80 mm dan 120 mm. Selain itu jumlah tulangan longitudinal tariknya juga divariasikan. Untuk mendapkan kapasitas lentur balok beton bertulang dengan sengkang, balok ini hingga mencapai kapasitas ultimit dan dua buah beban terpusat. Benda uji yang digunakan berjumlah 12 balok dengan identifikasi 3 balok tanpa perkutan (BLC-01,02,03) dan 9 balok dengan perkutan yang di variasikan berdasarkan ketebalan lapisan dan jumlah tulangan tarik (BST1-01,02,03;BST2-01,02,03 dan BST3-01,02,03). Berdasarkan hasil penelitian untuk ke 3 variasi tulangan, penggunaan semen grouting pada daerah tarik tidak menambah kapasitas lentur balok beton bertulang, namun dapat meningkatkan daktilitas balok beton bertulang, pada balok dengan 2 tulangan tarik nilai daktilitas tertinggi terjadi pada tebal lapisan 120 mm sebesar 24%, untuk 3 tulangan tarik terjadi pada lapisan tebal 120 mm sebesar 19,62%, sedangkan untuk 5 tulangan tarik terjadi pada tebal lapisan 40 mm sebesar 19,62%, pada balok dengan pemasangan semen grouting terlihat tidak adanya pertambahan nilai kekakuan, dimana nilainya dibawah balok kontrol dengan nilai kekakuan turun hingga 41%.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Eng. Rendy Thamrin, ST., MT
Uncontrolled Keywords: Balok beton bertulang, Kapasitas lentur, Lendutan, Perkuatan semen grouting, Daktilitas dan Kekakuan
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 31 Aug 2022 07:03
Last Modified: 31 Aug 2022 07:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111408

Actions (login required)

View Item View Item