PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (B3) MEDIS PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di RSUD Dr. Achmad Mochtar Kota Bukittinggi)

FEBRINA, TIA (2022) PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (B3) MEDIS PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di RSUD Dr. Achmad Mochtar Kota Bukittinggi). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (588kB)
[img] Text (BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (TESIS FULL)
FULL TESIS 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (B3) MEDIS PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Tia Febrina, 1920112012, Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Andalas, 105 halaman, 2022) ABSTRAK Covid-19 merupakan penyakit yang menular dan dapat mengancam kesehatan manusia. Salah satu dampak yang dihasilkan dari virus Covid-19 ini ada timbulan limbah B3. Pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) medis pada masa pandemi Covid-19 merupakan salah satu masalah yang serius karena limbah B3 medis salah satu penyumbang terbesar terhadap pertambahan jumlah sampah sejak awal pandemi. Limbah B3 yang dihasilkan harus diolah sesuai dengan peraturan yang berlaku agar tidak disalahgunakan. Pengelolaan limbah B3 medis bekas pakai pasien Covid di RSUD. Achmad Mochtar Kota Bukittinggi dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 56 tahun 2015. Permasalahan dalam tesis ini adalah: 1) bagaimana pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) Medis dalam penanganan Covid-19 di RSUD. Dr. Achmad Mochtar kota Bikittinggi. 2) bagaimana singkronisasi pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) Medis dalam penanganan Covid-19 di RSUD. Dr. Achmad Mochtar kota Bikittinggi. Metode pendekatan yang digunakan adaalah tipe yuridis empiris dan bersifat deskriptif analisa. Data utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat dari hasil wawancara dengan narasumber. Data sekunder diperoleh dengan melakukan studi dokumen. Analisas data yang dilakukan secara kualitatif. Dari hasil penelitian diperoleh: 1. Pengelolaan Limbah B3 bekas pakai pasien Covid-19 di RSUD.Dr. Achmad Muchtar Kota Bukittinggi untuk tahapan pengurangan dan pemilahan Limbah B3, serta Penyimpanan dilakukan oleh Instalasi Penyehatan Lingkungan dan tahapan selanjutnya mulai dari pengangkutan, pengolahan, penguburan dan penimbunan Limbah B3 dilakukan oleh Pihak ke-3 penyedia jasa pengelolaan Limbah B3 yang terletak di Aia Dingin, Kota Padang. 2. Sinkronisasi peraturan dalam pengelolaan Limbah B3 selain mengacu kepada Undang-Undang Dasar 1945, Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup juga mengacu kepada aturan lain seperti Peraturan Menteri Kesehatan, Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta aturan turunan dari peraturan tersebut seperti Peraturan Pemerintah dan Surat edaran. Katakunci:Pengelolaan Limbah, Limbah (B3), Covid-19

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ferdi, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Limbah, Limbah (B3), Covid-19
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu hukum
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:03
Last Modified: 30 Aug 2022 09:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111395

Actions (login required)

View Item View Item