ANALISIS KONSENTRASI KARBON MONOKSIDA (CO) DAN RISIKO KESEHATAN LINGKUNGAN TERHADAP MASYARAKAT DI PERMUKIMAN BUKIT KARANG PUTIH KOTA PADANG

Tania, Trizki Syafmi (2022) ANALISIS KONSENTRASI KARBON MONOKSIDA (CO) DAN RISIKO KESEHATAN LINGKUNGAN TERHADAP MASYARAKAT DI PERMUKIMAN BUKIT KARANG PUTIH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Full Tania Trizki Syafmi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Permukiman Bukit Karang Putih yang terletak di kawasan tambang batu kapur mengakibatkan terganggunya kualitas udara di kawasan tersebut. Permukiman Bukit Karang Putih juga dipengaruhi oleh aktivitas produksi atau polutan yang dihasilkan PT. Semen Padang dan aktivitas kendaraan di Jalan Raya Indarung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil pengukuran konsentrasi CO di perumahan sekitar tambang batu kapur Bukit Karang Putih yang kemudian dibandingkan dengan baku mutu gas CO pada PP No.22 Tahun 2021, mengidentifikasi sumber pencemar gas CO, dan mengidentifikasi bahaya kesehatan akibat paparan gas CO yang dirasakan masyarakat permukiman Bukit Karang Putih melalui Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan (ARKL). Penelitian ini dilakukan pada 5 titik sampling yang terdapat di Kelurahan Indarung dan Batu Gadang. Pengukuran konsentrasi CO menggunakan impinger yang kemudian dianalisis di laboratorium menggunakan metode spektrofotometri. Berdasarkan penelitian didapatkan konsentrasi gas CO masih dibawah baku mutu Peraturan Pemerintah No.22 Tahun 2021 dengan rata-rata konsentrasi gas CO tertinggi untuk satu jam pengukuran yaitu 1.068,63 µg/m3 dan untuk delapan jam pengukuran yaitu 705,03 µg/m3. Konsentrasi gas CO yang didapatkan berbanding terbalik dengan tekanan dan kecepatan angin, akan tetapi berbanding lurus dengan kelembapan udara dan temperatur udara. Pada ARKL, nilai Reference Concentration (RfC) yang digunakan yaitu 1,39 mg/kg.hari. Hasil penelitian menunjukkan nilai Risk Quotien (RQ) <1 untuk semua responden yang berarti responden tidak berisiko terhadap paparan gas CO.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Vera Surtia Bachtiar, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan (ARKL), Gas, Karbon Monoksida (CO), Konsentrasi, Responden
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:55
Last Modified: 30 Aug 2022 07:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111342

Actions (login required)

View Item View Item