Konstruksi Pemberitaan Seputar Isu Kebakaran Hutan dan Lahan di Indonesia terhadap Kesehatan Masyarakat Selama Pandemi Covid- 19 (Analisis Framing model Robert N. Entman pada Berita Kategori Hutan Mongabay.co.id Periode Mei 2020-September 2020)

YEMITA, GEA (2022) Konstruksi Pemberitaan Seputar Isu Kebakaran Hutan dan Lahan di Indonesia terhadap Kesehatan Masyarakat Selama Pandemi Covid- 19 (Analisis Framing model Robert N. Entman pada Berita Kategori Hutan Mongabay.co.id Periode Mei 2020-September 2020). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Gabungan Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah)
Skripsi wisuda final 2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Isu kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia terhadap kesehatan masyarakat selama pandemi Covid-19 pada 2020, mempersoalkan tentang ancaman meluasnya karhutla yang berujung menimbulkan kabut asap berbahaya bagi kesehatan masyarakat selama pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi pemberitaan seputar isu kebakaran hutan dan lahan di Indonesia terhadap kesehatan masyarakat selama pandemi Covid-19 pada 2020 dalam 5 berita kategori hutan Mongabay.co.id. Penelitian ini memakai metode kualitatif dengan pendekatan framing, yang mengaplikasikan teknik analisis framing model Robert N. Entman paradigma konstruksionis. Dalam penelitian ini, framing menjadi pendekatan untuk mengetahui cara pandang Mongabay.co.id ketika melakukan konstruksi pemberitaan melalui konsepsi model Entman. Untuk memperkuat cara pandang Mongabay.co.id maka penelitian ini menggunakan teori hierarki pengaruh isi media. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa 5 berita kategori hutan Mongabay.co.id seputar isu kebakaran hutan dan lahan di Indonesia terhadap kesehatan masyarakat selama pandemi Covid-19 pada 2020 telah menunjukkan cara pandang media yang berpijak pada paradigma ekosentrisme. Dalam pendekatan framing, cara pandang Mongabay.co.id yang ekosentris dapat terlihat melalui konstruksi pemberitaan media yang memilih menampilkan masalah lingkungan dan masalah kesehatan masyarakat kepada khalayak. Sedangkan, sisi ekonomi yang menampilkan keuntungan sesaat dari hasil pengelolaan hutan dan lahan melalui pembakaran secara luas dihilangkan oleh situs berita lingkungan tersebut karena bertentangan dengan paradigma ekosentrisme. Cara pandang Mongabay.co.id yang ekosentris akhirnya menuntun para pekerja medianya dalam memahami realitas. Sehingga, persoalan tentang pengelolaan hutan dan lahan yang menerapkan pola pikir jangka pendek menjadi masalah lingkungan dalam pemberitaanya. Guna memastikan agar pengelolaan hutan dan lahan tersebut menjadi masalah lingkungan bersama dan mendapatkan perhatian saksama dari khalayak. Maka, Mongabay.co.id menonjolkan masalah kesehatan masyarakat terkait dampak kabut asap karhutla selama pandemi Covid-19 dalam pemberitaanya. Dengan menonjolkan pemberitaan menggunakan masalah yang menyangkut tentang kepentingan banyak orang. Maka, khalayak berpotensi besar memahami bahwa hubungan manusia dengan lingkungan tidak hanya sebatas pada kepentingan ekonomi. Bahkan, konstruksi pemberitaan tersebut pada akhirnya juga akan memengaruhi tindakan mereka agar menerapkan pola pikir jangka panjang dalam pengelolaan hutan dan lahan di Indonesia. Kata Kunci: Analisis Framing, Ekosentrisme, Karhutla, Kesehatan Masyarakat, Mongabay.co.id, Robert N. Entman

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 30 Aug 2022 08:22
Last Modified: 30 Aug 2022 08:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111334

Actions (login required)

View Item View Item