Pengaruh Kesadaran Politik Masyarakat Kota Bukittinggi Terhadap Meningkatnya Partisipasi Pemilih Pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019

Akbar, Asyari (2022) Pengaruh Kesadaran Politik Masyarakat Kota Bukittinggi Terhadap Meningkatnya Partisipasi Pemilih Pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER AND ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahauluan)
BAB I (1).pdf - Published Version

Download (553kB)
[img] Text (BAB VII Penutup)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (396kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Agenda Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 yang mana pada Pemilihan umum kali ini menjadi tingkat partisipasi tertinggi dalam sejarah pemilihan umum di Kota Bukittinggi yaitu 77,5%. Peneliti beranggapan bahwasannya meningkatnya partisipasi memilih masyarakat dipengaruhi oleh kesadaran politik masyarakat Kota Bukittinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kesadaran politik masyarakat Kota Bukittinggi terhadap meningkatnya partisipasi memilih pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kesadaran politik sebagai variabel independent (X) dan teori partisipasi pemilih sebagai variabel dependent (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan tipe penelitian explanatory research. Data dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner, responden dipilih menggunakan metode bertahap (Multy Stage Sampling) yaitu random sampling. Analisis data menggunakan SPSS 25 dengan analisis tabulasi silang dan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi kendall tau. Dalam mengukur pengaruh antara kesadaran politik (X) terhadap partisipasi pemilih (Y) data statistik menunjukkan bahwa diperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0.254, keputusan yang bisa diambil adalah hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak, karena nilai Sig.2-tailed sebesar 0.007 < 0.05 sebagai harga patokan tertinggi. Ini berarti menunjukkan adanya pengaruh kesadaran politik terhadap partisipasi pemilih pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Kota Bukittinggi Tahun 2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Asrinaldi M.Si
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Politik, Partisipasi Pemilih, Pemilihan Umum 2019
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 30 Aug 2022 08:33
Last Modified: 30 Aug 2022 08:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111316

Actions (login required)

View Item View Item