RANCANG BANGUN SISTEM AKSES MASUK PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PENGENALAN WAJAH DAN PENGUKURAN SUHU TUBUH BERBASIS SINGLE BOARD COMPUTER

Shalsabilla, Syaqila (2022) RANCANG BANGUN SISTEM AKSES MASUK PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PENGENALAN WAJAH DAN PENGUKURAN SUHU TUBUH BERBASIS SINGLE BOARD COMPUTER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text (Full TA Skripsi)
Laporan Tugas Akhir Shalsabilla Syaqila 1811511020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu sarana yang digunakan sebagai wadah untuk mendapatkan informasi, meningkatkan literasi,dan mengembangkan pengetahuan serta wawasan. Tingkat keamanan yang masih kurang menyebabkan tingginya ancaman kejahatan yang ditimbulkan serta penyebaran virus yang masih sulit dikendalikan maka dilakukan penelitian ini dengan dibentuk sebuah sistem yang dapat memudahkan akses masuk dengan pengenalan wajah dan pengukuran suhu tubuh dengan tujuan meningkatkan sistem keamanan dan mampu menekan penyebaran virus. Sistem akan membuka portal untuk akses masuk saat citra wajah dikenali dengan suhu tubuh yang normal tanpa adanya satu pun kontak fisik, sedangkan saat wajah tidak dikenali sistem akan memberikan notifikasi bahwa citra wajah dideteksi tidak dikenali. Dengan menggunakan metode dari Viola Jones untuk mendeteksi adanya citra wajah dan algoritma LBPH (Local Binary Pattern Histogram) yang digunakan sebagai metode untuk mengidentifikasi citra wajah dari pengunjung perpustakaan dengan dibantu dengan sensor suhu MLX90614 dalam pengukuran suhu tubuh maka didapatkan hasil pengujian sistem yang menghasilkan tingkat akurasi sebesar 99.5% dan sensor suhu tubuh dengan tingkat akurasi 98.98% sistem pengidentifikasian sangat bergantung terhadap intensitas cahaya dan jarak pengambilan citra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dodon Yendri, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Akses masuk, Suhu Tubuh, Viola Jones – LBPH
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Teknik Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:55
Last Modified: 30 Aug 2022 07:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111277

Actions (login required)

View Item View Item