Optimasi dan Validasi Metode Kromatografi Lapis Tipis Kinerja Tinggi-Densitometri pada Analisis Asam Traneksamat dalam Sediaan Serum Pemutih

Yofanka, Raisa (2022) Optimasi dan Validasi Metode Kromatografi Lapis Tipis Kinerja Tinggi-Densitometri pada Analisis Asam Traneksamat dalam Sediaan Serum Pemutih. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (411kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)

Abstract

Asam traneksamat telah digunakan sebagai pemutih kulit pada sediaan kosmetika. Kosmetika serum pemutih yang mengandung asam traneksamat dan dijual di e-commerce menyebabkan perlunya analisis asam traneksamat untuk menjamin mutu produk. Metode Kromatografi Lapis Tipis Kinerja Tinggi (KLTKT)-Densitometri telah dioptimasi dan divalidasi pada analisis asam traneksamat dalam sediaan serum pemutih. Sampel yang telah dilarutkan dengan etanol 96%-aquabidest (1:1) v/v ditotolkan pada plat KLTKT silika gel 60 F254 dan dielusi menggunakan fase gerak optimum n-butanol: asam asetat glasial: aquabidest (16:2:2,5) v/v, diperoleh nilai Rf 0,63. Bercak dianalisis pada panjang gelombang serapan maksimum 485 nm dengan menggunakan reagen ninhidrin. Spesifisitas didapatkan nilai rS.M dan rM.E pada uji purity ≥ 0,999. Linieritas dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,9991. Batas deteksi dan batas kuantitasi adalah 6,330 μg/mL dan 19,181 μg/mL. Presisi intraday dan presisi interday diperoleh koefisien variasi (KV) < 2%. Rata-rata nilai perolehan kembali untuk sampel A adalah 100,17% dan sampel B adalah 100,1%. Kadar asam traneksamat pada sampel A adalah 3,01% dan sampel B adalah 2,49%. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode yang dioptimasi ini valid dan dapat digunakan untuk analisis asam traneksamat dalam sediaan serum pemutih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: apt. Fithriani Armin, S.Si, M.Si
Uncontrolled Keywords: Asam traneksamat, serum pemutih, KLTKT-densitometri, optimasi, validasi metode
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:56
Last Modified: 30 Aug 2022 07:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111259

Actions (login required)

View Item View Item