Kajian Aktivitas Mikroorganisme Tanah Pada Beberapa Kelas Lereng Perkebunan Kopi Arabika (Coffea arabica L.) di Kenagariaan Aie Dingin Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok

Ardiati, Nazifu (2022) Kajian Aktivitas Mikroorganisme Tanah Pada Beberapa Kelas Lereng Perkebunan Kopi Arabika (Coffea arabica L.) di Kenagariaan Aie Dingin Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Ardiati nazifu abstrak benar .pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text (BAB I)
Ardiati nazifu pendahuluan benar .pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text (BAB V)
Ardiati nazifu penutup benar .pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Ardiati nazifu dapus benar .pdf - Published Version

Download (396kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
Ardiati Nazifu skripsi full .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Lereng merupakan salah satu komponen topografi yang berpengaruh besar terhadap pengolahan dan penggunaan suatu lahan. Kondisi lereng pada suatu tempat dapat mempengaruhi sifat fisika, kimia, dan biologi tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aktivitas mikroorganisme pada beberapa kelas lereng perkebunan kopi arabika umur 2 tahun di Kenagariaan Aie Dingin Kabupaten Solok. Penelitiaan ini dilakukan dengan menggunakan metode survei, sampel diambil berdasarkan 4 kelas lereng pada lereng 0-8% , 8-15 %, 15-25 %, 25-45 % di Nagari Aie Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok. Parameter yang dianalisis adalah total populasi mikroorganisme, bakteri pemfikasasi N, respirasi, biomassa C-mikroba, berat volume, total ruang pori, pH, C-organik, dan N-total. Hasil dari penelitian menunjukkan populasi dan aktivitas mikroorganisme menurun seiring naiknya kelas lereng. Populasi dan aktivitas mikroorganisme yang paling banyak ditemukan pada lereng 8-15%. Populasi bakteri berkisar antara antara 9.33 × 106 CFU/gram – 5.33 ×106 CFU/gram dan jumlah populasi jamur berkisar antara 5.33 × 105 CFU/gram – 3.67 × 105 CFU/gram. Nilai bakteri pemfiksasi N berkisar antara 11.33 × 103 CFU/gram – 5.33 × 103 CFU/gram. Nilai respirasi mikroorganisme berkisar antara 0.26 – 0.40 mg/CO2/m2/hari. Biomassa C- mikroba berkisar antara 0.39 – 0.56 %. Sifat fisika dan kimia tanah juga berpengaruh terhadap populasi dan aktivitas mikroorganisme yang terdapat di dalam tanah. Nilai Total Ruang Pori, Kadar Air, C-Organik, N-Total dan pH yang tertinggi terdapat pada kelerengan 8-15% sedangkan Nilai Berat Volume yang tertinggi terdapat pada kelerengan 25-45 % dan Rasio C/N yang tertinggi terdapat pada kelerengan 15-25 % .

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Oktanis Emalinda, MP.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Aktivitas Mikroorganisme, Populasi Mikroorganisme, Kelas lereng, Coffea arabika, Nagari Aie Dingin.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:36
Last Modified: 30 Aug 2022 04:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111236

Actions (login required)

View Item View Item