KONGRUENSI ANTARA JANJI KAMPANYE DENGAN KEBIJAKAN LINGKUNGAN HIDUP OLEH MAHYELDI-AUDY SEBAGAI GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PROVINSI SUMATERA BARAT PERIODE 2021-2024

Zikri, Ihsan (2022) KONGRUENSI ANTARA JANJI KAMPANYE DENGAN KEBIJAKAN LINGKUNGAN HIDUP OLEH MAHYELDI-AUDY SEBAGAI GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PROVINSI SUMATERA BARAT PERIODE 2021-2024. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (598kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Minimnya program-program kebijakan lingkungan hidup yang diusung oleh Mahyeldi dan Audy dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020, dapat mempengaruhi program kebijakan lingkungan hidup yang akan dihasilkan. Meskipun Mahyeldi dan Audy telah menyampaikan janji kampanye berupa Visi dan Misi yang menekankan pada pelestarian lingkungan hidup sebagai salah satu pilar dalam konsep pembangunan berkelanjutan, namun program-program Mahyeldi dan Audy yang mendominasi pada pengembangan perekonomian, seperti peningkatan pembangunan infrastruktur, pariwisata dan ekonomi kreatif, justru menjadi penyebab atas kerusakan lingkungan hidup di Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan Metode Studi Kasus, serta menggunakan Tiga Tahapan dalam Konsep Perumusan Kebijakan Publik menurut William Dunn, yaitu Penetapan Agenda, Formulasi Kebijakan dan Adopsi Kebijakan. Penelitian ini bertujuan, untuk menjelaskan dan menganalisis kongruensi antara Janji Kampanye Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Periode 2021-2024 dengan Kebijakan Lingkungan Hidup yang dihasilkan. Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukan antara Janji Kampanye berupa visi dan misi dengan kebijakan lingkungan hidup yang dihasilkan adalah kongruen. Hal tersebut disebabkan oleh munculnya 11 Program Urusan Lingkungan Hidup yang masuk dalam Program Prioritas Pembangunan pada RPJMD Tahun 2021-2026, RKPD dan KUA-PPAS Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022, karena Penelaahan dan Pengintegrasian terhadap KLHS, Telaah Fungsi/Layanan DLH, Telaah Sasaran Jangka Menengah KLHK, serta Telaah RTRW. Sehingga, minimnya program lingkungan hidup dalam janji kampanye Mahyeldi-Audy, tidak berdampak pada minimnya realisasi kebijakan lingkungan hidup yang dihasilkan. Selain itu, kebijakan yang telah ditetapkan juga telah disinkronisasikan dengan Visi, Misi, serta Program Unggulan Gubernur dan Wakil Gubernur. Program-program Kebijakan Lingkungan Hidup tersebut, telah disahkan oleh DPRD Provinsi Sumatera Barat melalui Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2021-2026.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Tengku Rika Valentina, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kongruensi, Kebijakan, Kampanye, Lingkungan Hidup.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:56
Last Modified: 30 Aug 2022 04:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111227

Actions (login required)

View Item View Item