Evaluasi Saluran Drainase Perumahan Belimbing Kota Padang pada Area Jl. Jeruk dan Jl. Mangga Menggunakan Software EPA SWMM v5.1

Yogyantoro, Almer Hafiz (2022) Evaluasi Saluran Drainase Perumahan Belimbing Kota Padang pada Area Jl. Jeruk dan Jl. Mangga Menggunakan Software EPA SWMM v5.1. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (68kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text (fulltext)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Sistem saluran drainase merupakan faktor penting pada perencanaan kota. Sistem tersebut mengontrol limpasan hujan dan mencegah terjadinya banjir. Hal ini berlaku juga untuk Kota Padang yang mempunyai risiko tinggi terhadap banjir. Kawasan Belimbing merupakan salah satu Kawasan di Kota Padang yang sering sekali mengalami banjir dikarenakan sistem saluran drainase yang tidak berfungsi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sistem saluran drainase pada salah satu bagian di Kawasan Belimbing yang memiliki risiko banjir yang tinggi menggunakan software EPA SWMM v5.1. Data-data seperti dimensi dan elevasi drainase, data klimatologi, dan data subcatchment dikumpulkan dengan cara survei di lapangan dan disimulasikan menggunakan software tersebut. Metode infiltrasi yang digunakan pada software ini adalah Metode Horton yang datanya didapatkan menggunakan infiltrometer sederhana. Hasil dari simulasi menunjukkan bahwa tidak ada banjir atau limpasan yang signifikan. Hanya 3% dari total saluran yang tidak berfungsi dengan baik. Namun, hasil dari simulasi software tidak sesuai dengan kondisi yang berada di Lapangan. Hal ini bisa terjadi dikarenakan saluran yang terdapat pada kawasan tersebut tidak berfungsi dengan ideal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:38
Last Modified: 30 Aug 2022 03:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111224

Actions (login required)

View Item View Item